Breaking News:

Berita Sitaro

Nuansa Adat Budaya Warnai Rapat Paripurna DPRD Dalam Rangka HUT Sitaro ke-14 Tahun

DPRD Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) menggelar rapat paripurna dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Sitaro ke-14 tahun.

tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Bupati dan Wakil Bupati serta Pimpinan DPRD mengenakan pakaian adat pada rapat paripurna dalam rangka HUT Sitaro. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) menggelar rapat paripurna dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Sitaro ke-14 tahun, Selasa (25/05/2021).

Rapat yang dipimpin Ketua DPRD Sitaro, Djon Janis itu diwarnai nuansa adat budaya.

Di mana seluruh undangan rapat, baik anggota DPRD maupun pihak eksekutif mengenakan pakaian adat berupa baniang dan laku tepu (pakaian adat nusa utara).

Tak hanya itu, jalannya acara juga menggunakan bahasa daerah dengan seorang penerjemah.

Bahkan pengisi acara yang tampil dalam paripurna tersebut yakni kelompok musik orkes yang membawakan lagu-lagu daerah.

Sekretaris DPRD Masri Kasehung mengatakan, penggunaan pakaian adat dan bahasa daerah dalam rapat paripurna HUT Sitaro sesuai Tata Tertib DPRD.

"Memang ini (pakaian adat dan bahasa daerah) sudah diatur dalam tatib DPRD. Jadi rapat paripurna dalam rangka HUT daerah menggunakan bahasa daerah dan pesertanya mengenakan pakaian adat," jelas Kasehung.

Dalam pengantarnya, Ketua DPRD Djon Janis menjelaskan pelaksanaan rapat paripurna dalam rangka HUT Sitaro didasarkan Surat Bupati Kepulauan Sitaro Nomor 100/503/SEKR Tanggal 18 Mei 2021 perihal permohonan yang ditindaklanjuti dengan rapat Badan Musyawarah (Bamus) pada Senin 24 Mei 2021.

"Sejalan dengan itu, rapat paripurna DPRD ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro Nomor 1 Tahun 2011 pasal 4 ayat 1," jelas Janis dalam bahasa daerah yang diterjemahkan oleh salah seorang penterjemah dalam bahasa Indonesia.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Sitaro Evangelian Sasingen dalam sambutannya menyatakan rasa syukur yang mendalam atas terselenggaranya seluruh rangkaian acara peringatan HUT Sitaro ke-14 tahun.

"Mulai dari ibadah syukur dan upacara di Pulau Mahoro hingga rapat paripurna saat ini boleh berjalan dengan baik, semua karena anugerah Tuhan. Karenanya, sepatutnya kita memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan," ungkap Sasingen.

Hadir dalam rapat paripurna DPRD ini, yakni pimpinan dan anggota dewan, Wakil Bupati John Palandung, Anggota DPRD Sulawesi Utara yang juga merupakan Bupati Sitaro dua periode Toni Supit, unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Herry Bogar bersama para Asisten Sekda, pimpinan OPD, Camat, Lurah, Kapitalau, Tokoh Pemekaran Kabupaten Sitaro, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, pimpinan BUMN/BUMD, pimpinan KPU dan Bawaslu serta undangan lainnya. (HER)

Warga Talaud keluhkan potongan  transaksi perbankan ATM terlalu besar

PENAMPILAN Terbaru Maya Wulan, Pemeran Kanjeng Mami di Sitkom Awas Ada Sule

5 Negara Dengan Jumlah Tentara Paling Sedikit di Dunia, Ada yang Hanya 1.500 Personel

Kecelakaan Maut Pukul 05.00 WIB, Sopir Tewas di Tempat, Truk Terpental Usai Dihantam Kereta Api

Penulis: Octavian Hermanses
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved