Breaking News:

TRIBUN BAKU DAPA

Dr Goinpeace Tumbel: Sinergitas Eksekusif dan Legislatif Kunci Sukses Bangun Kota Manado Lebih Baik

Sinergitas eksekutif dan legislatif menjadi kunci sukses dalam membangun Kota Manado lebih baik. Hal ini diutarakan Sekretaris Umum PIKI Sulut

Penulis: Aswin_Lumintang | Editor: Aswin_Lumintang
tribun manado/ronald moha
TRIBUN BAKU DAPA - Berbincang-bincang dengan Dr Goinpeace Tumbel, Sekretaris Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia (PIKI) Sulut 

MANADO, TRIBUNMANADO.CO.ID - Sinergitas eksekutif dan legislatif menjadi kunci sukses dalam membangun Kota Manado lebih baik.

Hal ini diutarakan Sekretaris Umum Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia (PIKI) Sulawesi Utara, Dr Goinpeace Tumbel saat berbincang-bincang di Talkshow Tribun Baku Dapa, Senin (24/05/2021) yang dipandu Jurnalis Tribun Manado, Aswin Lumintang.

Pada kesempatan itu dosen Ilmu Administrasi Negara Universitas Manado ini mengatakan, menata pelayanan publik di Kota Manado harus ada keinginan baik bersama dari DPRD Kota Manado dan Pemkot Manado.

'' Jadi legislatif harus mempunyai keinginan dan tekad ikut mewujudkan visi dan misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado, '' ujarnya dalam Talkshow dengan tema ''Menata Pelayanan Publik Kota Manado''.

Beberapa hal yang merupakan pelayanan publik utama dan mendasar yakni, kebutuhan untuk makan dan minum.

''Artinya pemerintah selaku penyelenggara negara di Kota Manado harus memastikan warga kota memperoleh makan, minum, kesehatan dan pendidikan yang baik, '' ujarnya.

Karena itu, dia berpendapat penentu terciptanya pelayanan publik yang baik bukan hanya bergantung pada Wali Kota, melainkan ikut ditentukan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), mulai dari Kepala Dinas, Kepala Badan, Kabag, Kabid hingga ditingkat teknis yang mengeksekusi kebijakan.

''Kalau ini berhasil dilakukan maka apa yang diinginkan Wali Kota Manado dalam visi dan misinya pasti tercapai dengan baik, '' ujarnya.

Perbincangan ini juga menyentil terkait pergantian direksi dan jajaran pengelola di PD Pasar Manado.

Kemudian penataan Tenaga Harian Lepas (THL), Kepala Lingkungan (Pala) harus dilakukan dengan baik dan mengedepankan profesionalitas.

Dengan begitu, maka pelayanan pemerintah akan menjadi lebih baik.

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved