Breaking News:

Info BMKG

13 Kali Gempa Guncang Pandeglang-Banten Hari Ini, Untungnya Bukan di Zona Megatrush

Lindu pertama kali terjadi pukul 10.48 WIB, berkekuatan 4,9 di 6,54 Lintang Selatan (LS), 105,47 Bujur Timur (BT), di kedalaman 10km, berada di 17 km

Editor: Gryfid Talumedun
BMKG
Titik lokasi gempa bumi Minggu (23/5/2021), 13 Kali Gempa Guncang Pandeglang-Banten Hari Ini, Untungnya Bukan di Zona Megatrush 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Berikut ini kami rangkum update guncangan gempa di sepanjang hari ini.

Hari ini, Gempa bumi mengguncang Kabupaten Pandeglang, Banten.

Guncangan gempa tercatat sebanyak 13 kali dalam sehari.

Lindu pertama kali terjadi pukul 10.48 WIB, berkekuatan 4,9 di 6,54 Lintang Selatan (LS), 105,47 Bujur Timur (BT), di kedalaman 10km, berada di 17 km barat laut Sumur.

BMKG menyebut dilihat daro lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, <a href='https://manado.tribunnews.com/tag/gempa' title='gempa'>gempa</a> bumi yang terjadi merupakan jenis <a href='https://manado.tribunnews.com/tag/gempa' title='gempa'>gempa</a> dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Gempa bumi kedua berkekuatan 5,2, episenter gempa terletak pada koordinat 6,64 LS dan 105,43 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 16 km arah Barat Laut Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten pada kedalaman 10 km.

Gempa itu tidak berada dalam zona Sunda megatrusht di Selatan Jawa.

Menurut BMKG, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan sesar naik atau thrust fault.

"Bukan di zona megatrush, karena itu di Ujung Kulon. Terasa getaran seakan akan truk berlalu. Tidak menimbulkan tsunami. Belum ada laporan kerusakan," kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Suwardi, Minggu (23/5).

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved