Breaking News:

Kabar Palestina

Tagar Palestina Menang Trending Topik Twitter, Lihat Video Terkini

Tweet mengenai Palestina Menang, lengkap dengan berbagai pendapat dan bentuk suka cita dari pengguna Twitter.

(MOHAMMED ABED / AFP)
FOTO TERBARU - Seorang pria mengibarkan bendera Palestina ketika yang lain mengibarkan tanda V untuk kemenangan saat mereka merayakan gencatan senjata yang ditengahi oleh Mesir antara Israel dan dua kelompok bersenjata utama Palestina di Gaza pada 20 Mei 2021. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ribuan tweet mengenai Palestina menang hari ini Jumat 21 Mei 2021

Sejumlah foto dan video dibagikan pada postingan dengan tagar Palestina Menang #PalestinaMenang. 

Tweet mengenai Palestina Menang, lengkap dengan berbagai pendapat dan bentuk suka cita dari pengguna Twitter.

Tagar Palestina Menang #PalestinaMenang trending topik Twitter pada hari ini. 

Lihat ungkapan bahagia, postingan yang berisi pada tagar #PalestinaMenang yang juga memperlihatkan video serta foto-foto kondisi terkini di Masjid Al-Aqsa setelah adanya genjatan senjata antara Israel dengan Palestina.

Apa Itu Gencatan Senjata? Disepakati Israel dan Hamas, Warga <a href='https://manado.tribunnews.com/tag/palestina' title='Palestina'>Palestina</a> Bersukacita

GENCATAN SENJATA - Setelah 11 hari Israel memborbardi pemukiman di Gaza, gencatan senjata ini akhirnya diumumkan untuk pertama kalinya. FOTO: WARGA GAZA RAYAKAN GENCATAN SENJATA (ISTIMEWA via AFP)

Sebagaimana kabar terkini mengenai konflik Palestina-Israel, kedua pihak sepakat menghentikan peperangan di lintas perbatasan Jalur Gaza mulai Jumat (21/5/2021) pukul 02.00 pagi.

Kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan kabinet keamanannya telah memilih dengan suara bulat mendukung gencatan senjata Gaza.

Tetapi, harus timbal balik dan tanpa syarat yang diusulkan oleh Mesir dengan jam pelaksanaannya belum disepakati.(*)

Genjatan Senjata

Israel dan Hamas akhirnya mengumumkan gencatan senjata secara resmi.

Upaya itu mulai diberlakukan pada Jumat (21/5/2021) hari ini.

Ribuan orang turun ke jalan untuk merayakannya gencatan senjata yang ditengahi oleh Mesir antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza, Palestina pada Jumat (21/5/2021) dinihari. (Istimewa)

Setelah 11 hari Israel memborbardi pemukiman di Gaza, gencatan senjata ini akhirnya diumumkan untuk pertama kalinya.

Selama serangan Israel itu, sebanyak 240 orang dinyatakan tewas.

Melansir artikel Tribunnews.com dengan judul Mengenal Apa Itu Gencatan Senjata yang Sedang Dilakukan Israel dan Hamas?, pengumuman gencatan senjata itu membawa suka cita untuk seluruh masyarakat dunia.

Bahkan, warga Gaza segera turun ke jalan untuk merayakan suka cita ini.

Lantas, apa itu gencatan senjata?

Dalam bahasa inggris, gencatan senjata disebut ceasefire.

Istilah itu terdiri dari 2 kata, yakni cease yang artinya berhenti dan fire yang dalam konteks ini diartikan sebagai penembakan senjata api.

Secara harfiah, gencatan senjata berarti waktu ketika tembakan berhenti.

Namun, ketika kita mendengar kata gencatan senjata digunakan dalam berita, hal ini menyiratkan sesuatu yang lebih rumit dan formal.

Dengan banyaknya pemberitaan tentang perang dan pertempuran, tidak dapat dipungkiri bahwa kita akan mendengar kata-kata ketika pertempuran berhenti.

Gencatan senjata merupakan keharusan, perintah untuk menghentikan pertempuran.

Ketika diumumkan atau dideklarasikan, itu akan digambarkan sebagai gencatan senjata formal atau penuh.

Gencatan senjata sementara, berlaku hanya untuk satu wilayah atau zona, atau beberapa pihak yang bertikai tetapi tidak semua, itu akan menjadi gencatan senjata parsial atau sepihak; artinya, satu pihak.

Gencatan senjata atau kesepakatan untuk berhenti bertikai, mengikuti pembicaraan atau negosiasi.

Ketika salah satu pihak dalam perjanjian atau gencatan senjata melanggar perjanjian, hal ini digambarkan sebagai pelanggaran.
Gencatan senjata terkadang diikuti dengan pelucutan senjata, ketika pemberontak setuju untuk menyerahkan senjata mereka.

Jadi, gencatan senjata pada dasarnya berarti kesepakatan antara dua pihak yang bertikai untuk berhenti berperang, baik sementara atau selamanya.

Setelah pengumuman gencatan senjata antara Israel dan Hamas, Presiden Amerika Serikat, Joe Biden menyambut baik.

Dikutip dari Al Jazeera, Joe Biden menekankan, secara militer, AS akan terus mendukung Israel.

"Amerika Serikat sepenuhnya mendukung hak Israel untuk mempertahankan diri dari serangan roket tanpa pandang bulu oleh Hamas dan kelompok teroris yang berbasis di Gaza lainnya, yang telah merenggut nyawa warga sipil yang tidak bersalah," ucap Biden dalam sambutannya di Gedung Putih, Washington.

"Permusuhan ini telah mengakibatkan banyak warga sipil mengalami kematian tragis, termasuk anak-anak," katanya,

"Saya mengirimkan belasungkawa yang tulus kepada semua keluarga, Israel dan Palestina, yang telah kehilangan orang yang dicintai," imbuh Biden.

Sebelumnya, pada panggilan telepon dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Biden memuji Israel yang mengakhiri konflik 11 hari.

Di kesempatan tersebut, Biden juga meyakinkan Netanyahu bahwa AS akan melanjutkan dukungan militernya untuk Israel.

Joe Biden menuturkan dia telah berbicara dengan Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi dan Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas sebagai bagian dari "keterlibatan diplomatik yang intens".

Ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada rakyat Mesir atas peran mereka dalam menengahi perjanjian tersebut.

Biden mengatakan, AS akan bekerja dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan organisasi internasional lainnya untuk "memberikan bantuan kemanusiaan yang cepat" bagi rakyat Gaza.

"Kami akan melakukan ini dalam kemitraan penuh dengan Otoritas Palestina, bukan Hamas, dengan cara yang tidak mengizinkan Hamas untuk mengisi kembali persenjataan militernya," kata Biden.

Israel dan Hamas menyetujui proposal gencatan senjata oleh Mesir yang akan berlaku Jumat pagi di Gaza meskipun suara ledakan masih terdengar.

Kantor Perdana Menteri Netanyahu mengumumkan kabinet keamanannya telah memberikan suara bulat untuk gencatan senjata "timbal balik dan tanpa syarat". (*)

Berita Lain Terkait Palestina

Artikel ini telah tayang di:

SerambiNews.com dengan judul VIDEOTagar #PalestinaMenang Trending Topik Twitter, Warga Datangi Masjid Al-Aqsa dengan Suka Cita,

https://aceh.tribunnews.com/2021/05/21/videotagar-palestinamenang-trending-topik-twitter-warga-datangi-masjid-al-aqsa-dengan-suka-cita

TribunBatam.id dengan judul Apa Itu Gencatan Senjata? Disepakati Israel dan Hamas, Warga Palestina Bersukacita,

https://batam.tribunnews.com/2021/05/21/apa-itu-gencatan-senjata-disepakati-israel-dan-hamas-warga-palestina-bersukacita?page=all&_ga=2.206138192.2109744065.1621580442-1974205032.1576467878

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved