Breaking News:

Berita Minahasa

Minahasa Ditetapkan Sebagai Kota Cerdas 2021

Kabupaten Minahasa ditetapkan sebagai salah satu dari 48 Kabupaten dan Kota di Indonesia untuk mengimplementasikan Kota Cerdas

Penulis: Lefrando Andre Gosal
Editor: David_Kusuma
Istimewa
Kabupaten Minahasa ditetapkan sebagai salah satu dari 48 Kabupaten dan Kota di Indonesia untuk mengimplementasikan Kota Cerdas (Smart City) tahun 2021. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Kabupaten Minahasa ditetapkan sebagai salah satu dari 48 Kabupaten dan Kota di Indonesia untuk mengimplementasikan Kota Cerdas (Smart City) tahun 2021.

Penetapan tersebut dilakukan melalui penandatanganan nota kesepakatan bersama Kementerian Komunikasi dan Informasi RI, Kamis (20/05) secara virtual.

Penandatangan kesepakatan dilakukan oleh Bupati Minahasa Royke Octavian Roring dengan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan, di hadapan Menteri Kominfo, Johnny G Plate.

Dalam sambutannya, Johnny G Plate mengatakan bahwa penandatanganan Nota Kesepakatan antara Kementerian Kominfo dengan Kepala Daerah dari 48 Kota dan Kabupaten.

Merupakan titik tolak perluasan inisiasi Kota Cerdas (Smart City) dan untuk pengembangan sektor pemerintahan digital Indonesia.

Baca juga: Harkitnas ke-113, Pemprov Sulut - Pemkot Manado Kompak

“Sejak tahun 2017, Kementerian Kominfo bersama dengan beberapa Kementerian dan lembaga terkait lainnya telah menginisiasikan Gerakan Menuju Smart City di 100 Kabupaten dan Kota.

Saat ini, program tersebut telah memasuki masa evaluasi. Tahun ini, kami melanjutkan inisiasi Gerakan Menuju Smart City tersebut dengan memperluas pendampingan pengembangan Kota Cerdas di kawasan pariwisata prioritas nasional dan kawasan ibu kota negara baru, yang tentunya perlu kita sukseskan bersama,” kata Plate.

Lanjutnya, program ini menekankan pada 6 pilar utama Smart City yaitu Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society, dan Smart Environment.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, sektor informatika dan komunikasi kembali tercatat sebagai sektor dengan pertumbuhan tertinggi hingga 8,72% year-on-year di Kuartal Pertama 2021 ini, setelah di tahun 2020 lalu mengalami pertumbuhan hingga dua digit pada 10,58% cumulative-to-cumulative.

"Pemerintah telah mencanangkan program akselerasi transformasi digital yang menyasar empat sektor utama, yakni: infrastruktur digital, ekonomi digital, pemerintahan digital, dan juga masyarakat digital.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved