Breaking News:

Terjadi Lonjakan Penumpang Kapal Ferry di Bitung

Jumlah itu naik signifikan dari jumlah penumpang di hari biasanya, hanya 30 sampai 50 orang.

Christian Wayongkere
Pemeriksaan Penumpang di Pelabuhan Bitung 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO  - Pasca program peniadaan mudik Lebaran tahun 2021, tanggal 6 - 17 Mei 2021 aktifitas penumpang di pelabuhan Ferry Kota Bitung Provinsi Sulut melonjak drastis.

Dari amatan Tribunmanado.co.id, Selasa (18/5/2021) kemarin di dermaga PT ASDP Indonesia Ferry Persero Cabang Bitung di Kelurahan Pateten I Kecamatan Aertembaga penumpang antar provinsi mengalami kenaikan hingga 300 persen.

Sebanyak 145 penumpang dari Ternate Provinsi Maluku Utara, turun dari KMP Protlink VIII dari dan penumpang naik 119 orang.

Jumlah itu naik signifikan dari jumlah penumpang di hari biasanya, hanya 30 sampai 50 orang.

Menurut Nikma Moningka satu di antara penumpang KM Portlink VIII, dari Ternate tujuan Kota Manado memilih mudik setelah program peniadaan mudik.

"Waktu lalu itu ada larangan mudik di Ternate, jadi baru sekarang ke Manado untuk merayakan Lebaran Ketupat," kata Nikma Moningka di dermaga Pelabuhan Ferry Bitung, Selasa kemarin.

Adapun pelaksanaan lebaran ketupat, berlangsung satu minggu setelah pelaksanaan hari raya Idul Fitri 1442 Hijiriah. Hari raya Idul Fitri jatuh pada hari Kamis (13/5/2021).

Rion Agus Soarno penumpang lainnya, mengku hendak kembali pulang ke Gorontalo untuk melanjutkan studi.

Di Ternate Rion Soarno bersilahtrahmi ke rumah pamannya. "Berangkat ke Ternate sebelum Idul Fitri, baru ini kembali karena saat Idul Fitri kemarin tidak mendapat izin mudik," kata Rion Soarno.

Menyikapi naiknya presentasi penumpang lintas provinsi, yang mencapai 300 persen Hana Lusi General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Persero Cabang Bitung malah menilai belum akan kenaikan penumpang yang signifikan.

Halaman
12
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Charles Komaling
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved