Breaking News:

Berita Sulut

Soal Penunjukan Sekda, Ini Tanggapan Pengamat Politik Pemerintahan

Beberapa Kabupaten/Kota di Sulut yang baru saja menggelar Pilkada bakal menyiapkan Sekretaris Daerah baru.

Penulis: Hesly Marentek | Editor: David_Kusuma
isitmewa
Pengamat Politik Josef Kairupan 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Beberapa Kabupaten dan Kota di Sulawesi Utara yang baru saja menggelar Pilkada bakal menyiapkan Sekretaris Daerah baru.

Di antaranya seperti Manado, Tomohon, Bitung, Boltim, Bolsel dan Minsel.

Kabar calon Sekda pun mulai berkembang, salah satunya seperti kecendrungan memilih putra daerah ataupun pejabat yang masih muda.

Lantas terkait hal ini, Pengamat Politik Pemerintahan Josef Kairupan menyebut Secara tersurat tidak ada satupun aturan yang mengatur secara letter lux bahwa sekda haruslah putra daerah.

Walaupun secara tersirat keinginan dari putra daerah sangatlah kuat untuk menduduki jabatan sebagai sekda.

"Ada beberapa alasan secara eksplisit terkait hal ini, yang pertama sense of belonging dari putra daerah akan lebih tinggi. Sehingga diharapkan sense of reponsibility akan lebih baik, hal ini sangat erat kaitannya dengan respon dan respect dari individu putra daerah," jelas Kairupan.

Baca juga: Antisipasi Cuaca Buruk, BPBD Bolmut Ingatkan Waspada Bencana, Siagakan Tim Terpadu di Lapangan

Lebih lanjut, Akademisi Unsrat ini menilai, terkait pertanggungjawaban secara moral, seorang putra daerah pastinya akan lebih berusaha, bekerja lebih keras untuk menghasilkan sebuah karya bagi kampung halamannya.

"Putra daerah memiliki ikatan emosional yang lebih besar, sehingga ia akan merasa malu jika kinerjanya buruk," sambungnya.

Adapun penilian ketiga adalah nilai resistensinya lebih kecil, tetapi justru memiliki nilai akseptabilitas publik yang cukup tinggi karena mendapat dukungan publik.

Namun tidak selamanya parameter tersebut menjadi indikator baku, karena pada kenyataannya banyak juga putra daerah yang tidak peka terhadap permasalahan yang terjadi di kampung halamannya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved