Breaking News:

Berita Bitung

Petani Milenial Ini Ingin Bawa Pertanian Kota Bitung Hebat

Helmi Piri satu di antara petani dari Kota Bitung, Sulawesi Utara,  menjelaskan manfaat hasil dari bibit sereh manis

Tribun manado / Christian Wayongkere
Sejumlah petani, bersama Wali kota Bitung Ir Maurits Mantiri menanam bibit Sereh Manis di okasi pusat pelatihan pertanian dan pedesaan swadaya (P4S) Kota Bitung, Kelurahan Sagerat Weru 2 Kecamatan Matuari Kota Bitung. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Helmi Piri satu di antara petani dari Kota Bitung, Sulawesi Utara,  menjelaskan manfaat hasil dari bibit sereh manis di lokasi pusat pelatihan pertanian dan pedesaan swadaya (P4S) di Kelurahan Sagerat Weru 2 Kecamatan Matuari.

Di antaranya, mengandung minyak atsiri bahan bakunya bisa untuk membuat kosmetik.

"Hasilnya juga akan di fasilitasi oleh pemerintah untuk ekport ke luar negeri ke Jepang, karena balai pengkajian Teknologi Pangan (BPTP) sementara mempersiapkan untuk penyulingan," tutur Helmi Piri, Rabu (19/5/2021).

Selain ekspor, bisa dijual di pasar-pasar tradisional.

Helmi Piri menjelaskan, untuk bibit dari sereh manis ini di Kota Bitung banyak, akan tetapi belum di manfaatkan dengan baik.

Baca juga: Warga Talaud Mengeluh Listrik Sering Padam, Begini Penjelasan PLN UIW Suluttenggo

Selain di Bitung tersebar di Kabupaten Minahasa dan Kota Tomohon.

Keberadaaan P4S adalah sebagai satu di antara upaya untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap petani hingga masyarakat pada umumnya.

"Sehingga produksi pertanian baik dari segi kauntitas maupun kualitas dapat terus meningkat, yang tujuannya para Petani milenial," tambahnya.

Dalam pelaksanaan P4S, pihaknya akan tekun dan ulet bertani. Agar bisa Kota Bitung bisa menjadi hebat dan petaninya juga.

Menghadapi P4S, pihaknya sudah mempersiapkan lahan, pupuk, dan lainnya hingga pemupukan dan penyemprotan yang tepat seminggu sekali agar hasil panen melimpah.(crz) 

Baca juga: Apa Itu Jamur Hitam atau Mucormycosi? Penyakit yang Menjangkiti Pasien Covid-19 di India

Halaman
12
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved