Breaking News:

Torang Kanal

Wulandari Zefanya Rumengan, Perempuan Minahasa Bicara Tentang Konflik Israel - Palestina

Wulandari Zefanya Rumengan. Ia adalah mahasiswi program pasca sarjana di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Jawa Tengah.

Istimewa.
Wulandari Zefanya Rumengan 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Sejak siang (16/05/2021), matahari tak lagi tampak. Hingga malam tiba hujan tak kunjung menepi, membasahi kota Tondano.

Di dunia digital situasi berbeda, konflik Israel dan Palestina memantik reaksi panas setiap insan di kota kelahiran Sam Ratulangi ini.

Sentimen dan pembelaan terhadap satu kelompok terus membanjiri media sosial dan aplikasi pesan ponsel cerdas.

Di tengah banjir informasi propaganda digital itu, seorang anak muda yang punya cita-cita jadi Pahlawan Tanpa Tanda Jasa mengutarakan perspektif berbeda terkait konflik di Mediterania Timur.

Wulandari Zefanya Rumengan. Ia adalah mahasiswi program pasca sarjana di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Jawa Tengah.

Gadis kelahiran Tondano, 20 Juni 1997 mengaku merasa resah dan sedih dengan peperangan yang terjadi.

“Walau saya sebatas outsider, saya merasa resah dan bersedih karena peperangan yang merenggut jiwa-jiwa yang seharusnya merayakan kehidupan dengan rasa aman dan tentram. Terutama anak-anak yang tidak tahu-menahu kontestasi kekuasaan di sekitar mereka,” ucapnya.

Menurutnya, kemanusiaan di atas segala-galanya. Makanya jika memilih ia akan berpihak pada kelompok yang tertindas.

Gadis cantik yang senang bermain dengan keponakannya mengaku tidak sedang berusaha menjadi netral.

“Manusia yang ditindas di atas tanah ulayatnya harus menerima solidaritas. Tanah bukan hal yang sepele, di sana manusia tumbuh dan berkembang. Bersamaan dengan itu tercipta ulir ganda bernama identitas dan solidaritas di antara manusia-manusia yang hidup di atasnya,” ungkap Wulan sapaan akrabnya.

Halaman
123
Penulis: Lefrando Andre Gosal
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved