Breaking News:

Vaksinasi Covid

Terkait Dihentikannya Vaksin AstraZeneca, Dinkes Bolmut Akan Gunakan Vaksin Jenis Sinovac

Pemerintah kini memberhentikan sementara penyaluran vaksin AstraZeneca karena terdapat Kejadian Pasca Imunisasi (KIPI)

Penulis: Majer Lumantow
Editor: David_Kusuma
Tribun Manado / Mejer Lumantow
Penyaluran Vaksin Jenis Sinovac di Kabupaten Bolmut beberapa waktu lalu.  

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Pemerintah kini memberhentikan sementara penyaluran vaksin AstraZeneca karena terdapat Kejadian Pasca Imunisasi (KIPI).

Menanggapi hal ini, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melalui Dinas Kesehatan masih menunggu petunjuk terkait pendistribusian vaksin Astra Zenneca kendati adanya pemberhentian sementara. 

"Walaupun dari informasi, Pemerintah Provinsi akan tetap menyaluran vaksin AstraZeneca untuk digunakan.

Namun untuk saat ini Kabupaten Bolmut belum menerima pendistribusian Vaksin Astra Zeneca tersebut," jelas Kepala Dinas Kesehatan melalui Kepala Bidang P2P Febyanto Lumoto kepada Tribunmanado.co.id, Senin (17/5/2021).

Baca juga: Cegah Penularan Covid-19, Polres Talaud Gencar Sosialisasikan Protokol Kesehatan

Dikatakannya, pendistribusian vaksin AstraZeneca tersebut memang telah mulai dilanjutkan kendati sementara menunggu investigasi dan pemantauan oleh BPOM, Komda KIPI Pusat dan WHO.

"Namun kedepan rencanannya untuk vaksinasi lanjutan di Kabupaten Bolmut akan menggunakan jenis Sinovac untuk pelayan publik, tokoh agama dan masyarakat," ungkap Lumoto. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Bolmut dr Jusnan C Mokoginta menambahkan, terkait efek samping vaksin AZ, bahwa adanya KIPI (Kejadian Pasca Imunisasi) yang terjadi adalah KIPI ringan dan sudah dapat ditangani. 

"Yang terjadi ini memang sudah tertuang pada informasi efek samping vaksin AZ sehingga masyarakat tidak perlu panik.

Pemberhentian sementara ini dilaksanakan sebagai bagian dari kehati-hatian karena KIPI yang terjadi pada sekitar 5-10 persen dari jumlah yang divaksin AZ tersebut, dan untuk kelanjutan vaksinasi AZ ini memang masih akan menunggu hasil pemantauan dari Komda KIPI dan WHO," terang Mokoginta.

Oleh karena itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Bolmut terus menunggu petunjuk dari Dinas Kesehatan Provinsi Daerah Sulawesi Utara terkait penggunaan vaksin Astra Zenneca tersebut. 

"Hanya kedepan untuk vaksinasi di Bolmut akan menggunakan vaksin jenis Sinovac sambil menyelesaikan pemberian Dosis ke-2 vaksinasi tahap ke-2 bagi pelayan publik," tutup Kadis Kesehatan Bolmut. (Mjr)

Baca juga: Kecelakaan Maut Pukul 17.00 WIB, 1 Orang Tewas, Mobil 9 Penumpang Terperosok Sepulang Pelesiran

Baca juga: 3 Teroris KKB di Papua Ini Bebas Membaur dengan Warga, Cari Dana Aksi Teror hingga Mata-matai Aparat

YOUTUBE TRIBUN MANADO:

 
 

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved