Breaking News:

Kabar Israel

Pasukan Israel Klaim Bangunan 12 Lantai Markas Besar Hamas, Bukan Pusat Media

Di tengah protes global, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) membela penargetan menara perkantoran Jalur Gaza, yang menampung outlet media internasional

MAJDI FATHI / NurPhoto / NurPhoto via AFP
Asap tebal membubung dari Menara Jala saat dihancurkan dalam serangan udara Israel di kota Gaza yang dikendalikan oleh gerakan Hamas Palestina, pada 15 Mei 2021. Angkatan udara Israel menargetkan Menara Jala 13 lantai yang menampung media Al-Jazeera yang berbasis di Qatar dan kantor berita Associated Press. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pasukan Israel menghancurkan bangunan 12 lantai di Gaza.

Bangunan itu disebut sebagai kantor media Internasional.

Namun, Pasukan Pertahanan Israel menyebut bangunan itu dihancurkan karena menjadi "aset militer" kelompok Hamas.

IDF mengeklaim bahwa tujuan utama dari serangan tersebut bukanlah jurnalis, melainkan fasilitas yang berfungsi sebagai markas besar untuk gerakan Hamas dan faksi Palestina lainnya.

Sebelumnya pada Sabtu (15/5/2021), IDF memperingatkan penghuni Menara Al-Jalaa Gaza atas serangan udara yang akan segera terjadi.

Pemilik gedung memohon agar serangan ditunda, tetapi permintaan itu sia-sia.

Alhasil, pemandangan panik penghuni gedung, termasuk personel dari outlet berita besar seperti The Associated Press dan Al Jazeera, bergegas untuk mengambil peralatan yang bisa mereka bawa sebelum evakuasi.

Kurang dari satu jam kemudian, bangunan berlantai 12 itu berubah menjadi puing-puing.

IDF mengeklaim, menara itu berisi aset militer milik intelijen militer Hamas, menjadikan Al-Jalaa target yang sah dalam konflik yang sedang berlangsung.

Konflik meletus pada Senin (10/5/2021), ketika Hamas menembakkan rentetan roket yang diperkirakan mendekati 3.000 roket terhadap Israel. Serangan itu dibalas oleh IDF dengan meledakkan Jalur Gaza dari udara, darat, dan laut.

Halaman
1234
Editor: Aldi Ponge
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved