Breaking News:

Doa

Bingung atau Ragu dengan 2 Pilihan? Segera Sholat Istikharah, Ini Bacaan Lengkap Niat dan Doa

Segera lakukan Amalan berikut ini, jika anda dihadapkan pada 2 pilihan yang membingungkan. Salat sunah dua rakaat untuk memohon kepada Allah SWT.

istimewa
Ilustrasi Istikharah 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Segera lakukan Amalan berikut ini, jika anda dihadapkan pada 2 pilihan yang membingungkan. 

Salat sunah dua rakaat untuk memohon kepada Allah SWT.

Namanya sholat istikharah. 

Niat dan Doa setelah Sholat Istikharah, Lengkap dengan Tulisan Arab dan Latin

Saat melaksanakan sholat istikharah kita menyampaikan permohonan kepada Allah SWT. 

Adapun permohonan tersebut soal ketentuan pilihan yang baik, di antara dua hal yang belum dapat ditentukan baik buruknya.

Misalnya, seseorang berhajat dan bercita-cita akan mengerjakan sesuatu, tapi ragu-ragu apakah dilakukan atau tidak.

Maka untuk memilih satu di antara dari dua hal untuk diteruskan atau tidak, disunahkan untuk sholat istikharah dua rakaat.

Dikutip dari risalah tuntunan salat lengkap yang diunggah Sumsel.Kemenag.go.id, sholat istikharah dan sholat hajat, waktunya lebih utama jika dikerjakan seperti sholat Tahajud.

Yakni di malam hari, dan dikerjakan seperti sholat biasa yang dilakukan dengan sempurna.

Kemudian berdoa dengan doa Istikharah, dan memilih dalam hati mana yang cenderung di antara dua hal itu.

Niat sholat istikharah

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

"Ushalli sunnatal istikhaarati rak'ataini lil laahi taalaa.

Artinya:

Aku niat sholat sunat istikhoroh dua rakaat karena Allah ta'alaa.

Doa sholat istikharah

"Allahumma inni astakhiruka bi ‘ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as-aluka min fadhlika, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub.

Allahumma fa-in kunta ta’lamu hadzal amro (menyebutkan persoalannya) khoiron lii fii ‘aajili amrii wa aajilih (aw fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii) faqdur lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiihi.

Allahumma in kunta ta’lamu annahu syarrun lii fii diini wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii (fii ‘aajili amri wa aajilih) fash-rifnii ‘anhu, waqdur liil khoiro haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bih.”

Artinya:

"Ya Allah hamba memohon agar Tuhan memilihkan mana yang baik menurut Engkau ya Allah. Dan hamba memohon Tuhan memberikan kepastian dengan ketentuan-Mu dan hamba memohon dengan kemurahan Tuhan yang Besar Agung. Karena sesungguhnya Tuhan yang berkuasa, sedang hamba tidak tahu dan Tuhanlah yang amat mengetahui segala sesuatu yang masih tersembunyi.

Ya Allah, jika Tuhan mengetahui bahwa persoalan ini baik bagi hamba, dalam agama hamba'dan dalam penghidupan hamba, dan baik pula akibatnya bagi hamba, maka berikanlah perkara ini kepada hamba dan mudahkanlah ia bagi hamba, kemudian berilah keberkahan bagi hamba didalamnya.

Ya Allah, jika Tuhan mengetahui bahwa sesungguhnya hal ini tidak baik bagi hamba, bagi agama hamba dan penghidupan hamba, dan tidak baik akibatnya bagi hamba, maka jauhkanlah hal ini dari pada hamba, dan jauhkanlah hamba dari padanya. Dan berilah kebaikan dimana saja hamba berada, kemudian jadikanlah hamba orang yang rela atas anugerah-Mu."

Keterangan :

Waktu menyebutkan hal yang dimaksud dalam doa tersebut di atas, hendaklah disebutkan apa yang dimaksud persoalan itu.

Sesudah berdoa, mintakanlah apa-apa yang baik dilaksanakan menurut cita-cita dan maksud kita itu.

Apa yang mendatang yang kuat dalam hati dan mantap hati kita, itulah kita laksanakan, dan yang baik kita perbuat. (*)

Inilah tanda jawaban atas sholat istikharah yang kita lakukan.

Setelah mengerjakan sholat istikharah, hendaknya harus tetap mengambil sikap, dan dianjurkan untuk mengambil atau mengerjakan pilihan yang dirasa paling pantas di hati.

Sebagaimana dijelaskan oleh Imam An-Nawawi rahimahullah, "Setelah istikharah, seseorang harus mengerjakan apa yang dirasa baik untuknya.

Di samping itu, hendaknya ia benar-benar bebas dari kehendak pribadi.

Jadi jangan sampai ada perasaan ini pilihan terbaik, sebelum mengerjakan shalat istikharah.

Karena jika demikian, sama halnya tidak istikharah atau kurang tawakkal pada pengetahuan dan kekuasaan Allah."

Bila masih ragu, dapat kembali mengerjakan sholat istikharah atau mengulanginya dua atau tiga kali, hingga hati timbul perasaan tenang dan yakin terhadap salah satu pilihan yang ada.

Atau dengan munculnya isyarat dan simbol-simbol tertentu yang tidak biasa terjadi terkait pilihan tersebut.

Salat Istikharah adalah salat yang kita lakukan pada saat bingung.

Dengan melaksanakan salat Istikharah kita meminta petunjuk pada Allah SWT.

Dan kita akan mendapat jawaban pilihan mana yang terbaik jika sudah melaksanakan Istikharah semata-mata karena Allah.

Ibadah sholat istikharah dianjurkan jika kamu sedang dihadapkan pada dua pilihan sulit baik dalam hal pekerjaan, jodoh maupun urusan lainnya.

Bagaimana tata cara dan waktu terbaik mengerjakan sholat istikharah?

Berikut tata cara, waktu terbaik pelaksanaan sholat istikharah:

Sama seperti Sholat Tahajud, Sholat Duha, sholat istikharah juga hukumnya Sunnah namun sangat dianjurkan.

Waktu sholat istikharah

Waktu terbaik untuk mengerjakan ssholat istikharah yakni pada malam hari atau Sholat Isya hingga sebelum masuk waktu shalat wajib shubuh.

Hal itu merujuk pada Hadits Shahih, Riwayat Imam Bukhari dan Muslim. Bahwa Nabi Muhammad Saw. bersabda, yang artinya : "Di setiap malam Allah Subhanahu wa ta'ala turun ke Langit dunia sampai tersisa sepertiga malam terakhir. Dan Allah SWT berkata, 'Adakah hambaku yang meminta sehingga pasti akan Aku berikan apa yang ia pinta. Adakah hambaku yg berdoa hingga pasti Aku akan kabulkan doa nya. Adakah Hambaku yang memohon ampunan (Beristighfar) sehingga aku akan ampuni dosanya." (HR. Bukhari dan Muslim)

Tata Cara sholat istikharah

sholat istikharah sama seperti Sholat Sunnah lainnya, minimal dua rakaat. Sebelum itu, hendaknya bersikap senetral mungkin terhadap pilihan-pilihan yang ada. Kemudian, memantapkan hati dengan kepasrahan sepenuhnya kepada kehendak Allah SWT.

Berikut Niat sholat istikharah

أصلى سنة الإستخارة ركعتين لله تعالى

artinya: "Aku berniat shalat istikharah dua raka'at karena Allah Ta'ala"

Pada rakaat pertama, setelah membaca surat al-Fatihah dilanjutkan dengan membaca surat al-Kafirun. Dan pada rakaat kedua usai membaca al-Fatihah, dilanjutkan dengan membaca surat al-Ikhlas.

Doa Setelah sholat istikharah

Kemudian setelah selesai sholat istikharah, dianjurkan untuk membaca doa berikut, yang dikutip dari 'Nihayatuz Zain' karya Syekh Nawawi Banten:

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ -وَيُسَمَّى حَاجَتَهُ- خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِيْ بِهِ

artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang tepat kepadaMu, dengan ilmu pengetahuanMu, dan aku mohon kekuasaanMu (untuk mengatasi persoalanku) dengan keMaha KuasaanMu. Aku mohon kepadaMu sesuatu dari anugerahMu Yang Maha Agung, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa, sedang aku tidak kuasa, Engkau mengetahui, sedang aku tidak mengetahuinya, dan Engkau adalah Maha Mengetahui hal yang ghaib. Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini (Orang yang mempunyai hajat hendaknya menyebut persoalannya) lebih baik dalam agamaku, dan akibatnya terhadap diriku sukseskanlah untuk ku, mudahkan jalannya, kemudian berilah berkah. Akan tetapi apabila Engkau mengetahui bahwa persoalan ini lebih berbahaya bagiku dalam agama, perekonomian dan akibatnya kepada diriku, maka singkirkan persoalan tersebut, dan jauhkan aku daripadanya, takdirkan kebaikan untuk ku di mana saja kebaikan itu berada, kemudian berilah kerelaanMu kepadaku." (*)

Bacaan doa lainnya

Artikel ini telah tayang di:

Tribunnews.com dengan judul Niat dan Doa setelah sholat istikharah, Lengkap dengan Tulisan Arab dan Latin,

https://www.tribunnews.com/lifestyle/2020/07/19/niat-dan-doa-setelah-sholat-istikharah-lengkap-dengan-tulisan-arab-dan-latin?page=all

pos-kupang.com

https://kupang.tribunnews.com/2019/12/12/tata-cara-waktu-terbaik-sholat-istikharah-kenali-tanda-doamu-dijawab-allah-swt-termasuk-soal-jodoh?page=all&_ga=2.166653694.1582867567.1621237408-1974205032.1576467878

Editor: Handhika Dawangi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved