Breaking News:

Penanganan Covid

Awal Mei 2021, Ada 10 Kasus Covid-19 di Kota Bitung

Satgas Covid 19 melansir, terjadi penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid 19 di Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara di awal bulan Mei 2021

Istimewa
Dinas Kesehatan Kota Bitung melakukan treacing beberapa waktu lalu 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Satgas Covid 19 melansir, terjadi penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid 19 di Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di awal bulan Mei 2021.

Menurut personel Satgas Covid 19 dr Jeannete Watuna, hingga saat ini ada 10 kasus terkonfirmasi covido19 terjadi di Kelurahan Kumersot Kecamatan Ranowulu, Kota Bitung.

Kasus itu berawal ketika ada seorang warga laki-laki, pada tanggal 4 Mei 2021 hendak melakukan perjalanan ke Papua ketika melakukan pemeriksaan rapid antigen di bandara Internasional Sam Ratulangi Manado hasilnya positif.

Lalu warga itu melapor ke Puskesmas Danowudu, dan diminta melakukan swab PCR beserta seorang istri dan tiga orang anaknya.

Dari situ, satgas covid-19 kota Bitung dan Puskesmas Danowudu melakukan treacing ke 10 orang yang diduga kontak erat dengan lima orang kasus pertama.

Baca juga: Jokowi Apresiasi Olly Dondokambey-Steven Kandouw, Ekonomi Sulut Tumbuh Positif di 2021

Dan hasilnya lima orang positif covid 19. Kasus di Kelurahan Kumersot sempat menjadi atensi dari Satgas Covid 19 Provinsi Sulut, yang mengirim juru bicara satgas Covid 19 Provinsi Sulut dr Steven Dandel turun ke lokasi.

"Jadi melihat presentasi treacing ke 10 orang dengan hasil lima di antaranya positif, menunjukan presentasenya tinggi. Sehingga treacing di perluas lagi, dilakukan dua hari hari pertama ke 20 warga dan hari kedua 38 warga total 58 warga dimana untuk hasilnya masih menunggu di rilis satgas covid 19 provinsi Sulut," jelas dr Jeannete Watuna, Senin (17/5/2021).

Jeannete Watuna menjelaskan,  tiga dari 10 kasus covid-19 di Kelurahan Kumersot survey genon atau istilah untuk dugaan varian baru masih menunggu hasil pemeriksaan di Jakarta.

Pihaknya sudah mengirim hasil pemantauan dan evaluasi dari Bitung ke Jakarta dan saat ini masih menunggu hasilnya, karena di sana yang akan menentukan kriterianya apakah varian baru atau tidak.

"Saat ini di Kelurahan Kumersot tengah berlangsung pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro, sampai semuanya negatif covid-19," tandasnya.

Halaman
12
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved