Breaking News:

Penanganan Covid

Angka Kematian Covid-19 di Sulut Melonjak, Pengamat Epidemiologi: Penanganan Harus Lebih Cepat 

Mulai tingginnya angka kematian pasien Covid-19 di Sulut belakangan ini membuat pemerintah kembali memperketat Protokol Kesehatan

Dokumentasi pribadi.
Pakar epidemiologi Sulut, Prof Grace Kandou 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Mulai tingginnya angka kematian pasien Covid-19 di Sulut belakangan ini membuat pemerintah kembali memperketat Protokol Kesehatan. 

Diketahui, dari tanggal 14-16 Mei 2021 sudah 14 orang yang meninggal akibat covid-19.

Melihat hal ini, Pengamat Epidemiologi Sulut Prof Grace Kandou menilai, bahwa tingginya angka kematian di Sulut akibat lambatnya kesadaran masyarakat untuk dilakukan penanganan covid-19. 

"Kalau melihat situasi yang ada, sepertinya lebih kearah bahwa pasien datang ke RS sudah pada tahap advance/lanjut, sehingga cukup sulit untuk tertolong, dimana komplikasi yang terjadi yang membuat fatal," jelas Prof Grace kepada Tribun Manado.

Baca juga: Awal Mei 2021, Ada 10 Kasus Covid-19 di Kota Bitung

Untuk itu, kata Prof Grace, perlu disosialisasikan kepada masyarakat bahwa segeralah memeriksakan diri bila mulai terasa tidak enak badan, jadi masih dini sekali, sudah cepat diketahui bila memang positif Covid-19.

"Jangan tunggu panas dan sesak sekali atau bahkan sudah kesulitan bernapas baru mau ke rumah sakit, artinya jangan tunggu parah di rumah baru kmd mencari pertolongan," tegas Prof Grace.

Menurutnya, Lebih cepat lebih dini didiagnosa akan semakin baik prognosanya.

Maksudnya kemungkinan atau peluang untuk sembuh lebih besar bila datang berobat masih dini penyakitnya.

"Kalau soal kemampuan SDM para dokter dan tenaga kesehatan kita di Sulut serta alat yang ada tidak kalah dengan yang ada di daerah lain," sebut Prof Grace.

Baca juga: Jokowi Apresiasi Olly Dondokambey-Steven Kandouw, Ekonomi Sulut Tumbuh Positif di 2021

Sedangkan, tambah Prof Grace, dari segi penanganan oleh pemerintah saya kira sudah dilaksanakan sesuai dengan Protap yang ada.

Jadi sekali lagi pesan yang penting buat masyarakat bila terasa sakit, sebaiknya periksa Swab dulu untuk pastikan apakah Covid atau bukan?

"Karena bila positif, tolong jangan denial, menyangkal bahkan tidak percaya dengan hasil yang ada karena merasa sehat atau tidak merasa sakit parah.

"Bila tanpa gejala tapi hasil positif, tolong Harus Segera Isolasi Mandiri saja. Agar tidak menularkan virus tersebut ke org lain," pungkas Prof Grace. (Mjr)

Baca juga: Kecelakaan Maut, Seorang Pengendara Motor Tewas di Lokasi, 3 Kendaraan Terlibat Tabrakan Adu Moncong

YOUTUBE TRIBUN MANADO:

Penulis: Majer Lumantow
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved