Breaking News:

RHK Minggu 16 Mei 2021

RENUNGAN KRISTEN Ibrani 1:5 - Yesus Anak Allah

Semua orang Kristen tahu dan yakin sepenuhnya bahwa Yesus adalah seratus persen manusia dan seratus persen Tuhan

ilustrasi 

Ibrani 1:5
TRIBUNMANADO.CO.ID - Semua orang Kristen tahu dan yakin sepenuhnya bahwa Yesus adalah seratus persen manusia dan seratus persen Tuhan. Dia adalah Tuhan yang rela menjadi Manusia, demi keselamatan manusia sendiri. Tapi karena hakekat-Nya Dia juga sebagai Tuhan sejati, maka setelah menjalani proses Kemanusiaan-Nya, Yesus kembali kepada hakekat asli-Nya itu: sebagai Tuhan.

Sebagai Manusia, Dia mati. Dan, sebagai Tuhan, Ia bangkit dan naik ke sorga. Di kediaman asli-Nya itu (sorga), Dia bertahta dan berkuasa penuh, baik atas sorga maupun atas bumi dan atas segala makhluk di alam semesta maupun di luar semesta alam. Karena Yesus adalah Putera Tunggal Allah yang Kudus.

Renungan
Renungan (WWW.THOUGHTCO.COM)

Dalam kekuasaan-Nya di tahta-Nya yang mahakudus dan mahabesar itu, Tuhan Yesus memiliki bala tentara dan juga pelayan atau pesuruh-Nya. Itulah para malaikat. Jadi, malaikat itu tidak sama, apalagi melebihi kekuasaan Tuhan Yesus. Karena Dia Anak Allah Yang Maha Tinggi.

Penulis kitab Ibrani menegaskan hal ini. Sebab di masa itu ada ajaran dan anggapan yang keliru bahwa Yesus sama dengan para malaikat. Tidak! Sesungguhnya, Yesus Anak Allah adalah Tuhan, sedangkan malaikat adalah pesuruh-Nya. Tidak ada seorangpun di antara malaikat yang disebut sebagai anak Allah.
Demikian firman Tuhan hhari ini.

Karena kepada siapakah di antara malaikat-malaikat itu pernah Ia katakan: "Anak-Ku Engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini?" dan "Aku akan menjadi Bapa-Nya, dan Ia akan menjadi Anak-Ku?" (ay 5)_
Segala keistimewaan, segala kekuasaan dan segala-galanya, adalah milik Tuhan Yesus. Bukan malaikat atau kekuatan apapun juga, baik di bawah maupun di atas bumi. Baik di dalam, maupun di luar alam semesta. Sesungguhnya semuanya tunduk di bawah telapak kaki Tuhan kita Yesus Kristus, sebab Dialah Sang Khalik semesta alam.
Di zaman Perjanjian Lama (PL), Allah berfirman dengan perantaraan para nabi. Namun setelah Kristus lahir (sebagai manusia) hingga zaman now dan selamanya, Allah berfirman lewat Tuhan Yesus. Karena Dialah Sang Firman itu. Dulu untuk datang kepada Tuhan, harus lewat nabi dan atau imam. Tapi sekarang batasan itu telah diputuskan oleh Tuhan Yesus. Sebab kita dapat berhadapan langsung dengan-Nya melalui doa dan kita menerima firman-Nya dari Alkitab.

Yesus sebagai Anak Allah diutus menjadi manusia biasa, Dia rela menerima itu bahkan sampai menderita dan mati tersalib, karena cinta-Nya akan manusia. Agar semua orang yang percaya pada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Dialah Penyelamat dunia. _"Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi,_
_jauh lebih tinggi dari pada malaikat-malaikat, sama seperti nama yang dikaruniakan kepada-Nya jauh lebih indah dari pada nama mereka." (Ibrani 13: 3, 4)._

Demikianlah besar dan dahsyatnya kekuasaan Allah kita dalam Tuhan Yesus. Sungguh tak ada kekuasaan dan kemuliaan yang dapat menyamai apalagi menandingi-Nya. Semua tunduk kepada-Nya, termasuk para malaikat atau kekuatan apapun dan sehebat apapun juga.

Karena itu bersyukurlah kita sebagai keluarga dan umat Kristen di zaman now yang memiliki Allah yang adalah Tuhan Yesus Kristus. Dialah jaminan kekal hidup kita, selamanya.

Diallah Allah kita yang patut dan layak disembah. Tidak ada Allah dan Tuhan seperti Dia. Karena itu, marilah kita hidup semakin erat melekat dalam dekapan cinta kasih-Nya. Sehingga kehidupan kita semua bersama keluarga akan diberkati dan dipakai-Nya lebih heran lagi untuk hormat dan kemuliaan nama Tuhan Yesus Kristus, kini dan sampai selamanya. Amin

DOA: Tuhan Yesus, Engkaulah Putera Allah yang kudus, kepada-Mulah kami menyerahkan seluruh keberadaan hidup kami. Amin

Editor: Aswin_Lumintang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved