Breaking News:

Larangan Mudik Lebaran

Cegah Covid-19, 221 Kendaraan Pemudik Diperintahkan Putar Balik, Penyekatan di Minsel Ketat

Penyekatan mudik di pos penjagaan Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Provinsi Sulawesi Utara, ketat.

rul mantik
Kendaraan Pemudik Diperintahkan Putar Balik 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Penyekatan mudik di pos penjagaan Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Provinsi Sulawesi Utara, ketat. Tak ada satupun pemudik yang dibiarkan lolos masuk di perbatasan Kabupaten Minsel.

Hingga Rabu (12/5/2021), sudah ratusan kendaraan pemudik yang diarahkan putar balik. Tak ada diskresi, pengendara sepeda motor maupun roda empat yang kedapatan mudik akan disuruh balik.

Menurut Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Minsel, AKBP Norman Sitindaon, penyekatan mudik di Kabupaten Minsel memang harus diperketat.

“Pos Pelayanan Lebaran 2021 Polres Minsel, khususnya di wilayah perbatasan kabupaten, salah satu tugas utamanya yakni melakukan penyekatan dan razia ketat terhadap setiap kegiatan, mobilisasi kendaraan, orang, yang disinyalir akan mudik," tegas Norman, Rabu (12/5/2021).

Baca juga: PLN Siagakan 31 Ribu Personel Amankan Listrik di Idul Fitri 1442 Hijriah

Pengetatan penjagaan ini, kata dia, dilakukan untuk mencegah ledakan penyebaran Covid-19.

"Hal ini untuk menindaklanjuti kebijakan pemerintah tentang larangan mudik guna mencegah penyebaran Covid-19,” imbuhnya.

Dari penyekatan selama hampir sepekan, tim gabungan dari Polres Minsel, TNI, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan, telah berhasil mencegat 221 kendaraan yang akan mudik.

"Kendaraan yang diarahkan putar balik kembali ke daerah asalnya hingga hari ini tercatat 221 unit, dimana kendaraan tersebut mengadakan perjalanan mudik lebaran,” ungkap Sitindaon.

Selama razia penyekatan dilakukan, sebanyak 1.638 kendaraan berhasil terjaring. Ada yang melakukan pelanggaran protokol kesehatan, ada juga yang hendak mudik.

“Didominasi oleh sepeda motor sebanyak 725 unit, mobil penumpang minibus 806 unit, mobil barang 87 unit dan Bus 80 unit, total ada 1.638 kendaraan," terangnya.

Baca juga: Tragedi Trisakti 12 Mei 1998, Selasa Kelam 23 Tahun Lalu, Elang Cs Tewas Tertembak, Soeharto Lengser

Dia mengimbau warga Sulawesi Utara yang akan mudik perayaan Idul Fitri, supaya ditunda dulu.

Sebab, saat akan melewati pos jaga di perbatasan Kabupaten Minsel, pasti akan disuruh putar balik.

"Yang berencana mudik, jangan dulu. Situasi saat ini masih dalam pandemi Covid-19. Sayangi diri anda dan keluarga anda di kampung halaman,” ujar Norman Sitindaon.(rul)

Baca juga: Tetap Jaga Prokes dan Kurangi Mobilisasi, Imbauan Joune Ganda Jelang Idulfitri

YOUTUBE TRIBUN MANADO:

 
 

Penulis: Rul Mantik
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved