Breaking News:

Pelantikan Wali Kota Manado

Pengamat Hukum Toar Palilingan: Andrei dan Richard Perlu Fungsikan dengan Benar Tugas APIP

Namun disisi lain, terdapat sejumlah hal yang juga wajib diperhatikan, termasuk pengawasan agar tak terjebak dalam masalah hukum.

Penulis: Hesly Marentek | Editor: Rizali Posumah
ISTIMEWA
Toar Palilingan 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Andrei Angouw dan Richard Sualang (AA-RS) resmi menjabat sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado, Senin (10/5/2021).

Seiring dengan itu, tugas berat bakal langsung dihadapi AA-RS mengingat masih terdapat PR yang wajib dituntaskan.

Namun disisi lain, terdapat sejumlah hal yang juga wajib diperhatikan, termasuk pengawasan agar tak terjebak dalam masalah hukum.

Terkait hal ini Pengamat Hukum Toar Palilingan menilai untuk pengelolaan keuangan sudah tidak menjangkau lagi kepala daerah.

"Jadi yang harus dijaga sebenarnya cukup ada rasa malu untuk tidak menerima sesuatu yang bukan menjadi haknya. Itu saja," katanya.

Lebih lanjut Palilingan mengakui, memang untuk pengawasan penting.

Sehingga aparat pengawasan internal pemerintah (APIP) yang merupakan instrumen kapala daerah perlu difungsikan dengan benar.

"Perlu difungsikan dengan benar tugas Aparat Pengawasan Internal," ujar Akademisi Unsrat ini.

Selanjutnya, leadership sangat menentukan keberhasilan kepemimpinan AA-RS di Kota Manado.

"Karena kalau management kepemimpinan gaya tukang sate dimana dia yang iris, tusuk dagingnya serta bakar dan ngurusin pembayaran sudah pasti merepotkan. Namun AA-RS, keduanya sudah berpengalaman dan sangat memahami tugas-tugas pemerintahan daerah karena keduanya mantan pimpinan penyelenggara pemerintahan daerah dan tau persis godaan-godaan korupsi," terangnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved