Breaking News:

Berita Bitung

Nuansa Adat di Penetapan Tapal Batas Minut-Bitung, Maurits Mantiri Pekikkan I Yayat U Santi

Gaung adat Minahasa kental terasa saat pelaksanaan kesepakatan bersama Wali kota Bitung dan Bupati Minahasa Utara

Tribun manado / Christian Wayongkere
Penetapan tapal batas Minut dan Bitung 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Gaung adat Minahasa kental terasa saat pelaksanaan kesepakatan bersama Wali kota Bitung dan Bupati Minahasa Utara, melaksanakan Permendagri nomor 58 tahun 2015. 

Tentang Batas Daerah Kota Bitung dan Kabupaten Minahasa Utara (Minut), berlangsung di areal pertambangan PT MSM/TTN, Batu Pangu Desa Rinondoran Kecamatan Likupang Timur Kabupaten Minahasa Utara, Selasa (11/5/2021).

Pekik I Yayat U Santi, bahasa Adat Minahasa yang dapat diartikan sebagai gelorakan semangat untuk maju dan bisa juga motivasi.

Disampaikan oleh Ir Maurits Mantiri MM, mulai dari titik kumpul di Masterpoin Perusahan di Desa Rinondoran Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

Saat dalam persiapan menuju lokasi penandatanganan dan pemasangan patok, tapal batas antara Kabupaten Minut dan Kota Bitung.

“Foto bersama dulu,” kata Maurits Mantiri Wali kota Bitung didampingi Wakil walikota Hengky Honandar, sembari mengajak foto bersama Bupati Minut Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin Lotulung.

Baca juga: Bocah 10 Tahun Tewas Tersetrum, Ini Permintaan Keluarga Kepada PLN ULP Siau

Setelah foto, para kepala daerah dan wakil kepala daerah ini mengikuti pekik yang disampaikan Ir Maurist Mantiri MM.

“I Yayat U Santi,” teriak Maurits, Hengky, Joune dan Kevin.

Nuansa adat makin terasa, dengan penggunaan pakaian adat ada Minahasa yang dipakai Maurits Mantiri, Hengky Honandar, Jounde Ganda dan Kevin Lotulung.

Penetapan tapal batas Minut dan Bitung
Penetapan tapal batas Minut dan Bitung (Tribun manado / Christian Wayongkere)

Kemudian ada Tarian Cakalele, menyambut rombongan Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, Sekprov Edwin Silangen, Wali kota Bitung Maurits Mantiri, Wakil wali kota Hengky Honandar, sekda Bitung Audy Pangemanan dan Ketua DPRD Bitung Aldo Ratungalo.

Halaman
123
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved