Breaking News:

Pelantikan Wali Kota Manado

Terkait Langkah Strategis Wali Kota Manado Terpilih, Ini Kata Pengamat Epidemiologi

Pemerintah saat ini memaksimalkan penanganan covid-19, berbagai aturan telah diterbitkan demi menurunkan risiko penularan di masyarakat

Penulis: Majer Lumantow | Editor: David_Kusuma
Istimewa
Grace Kandou 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Pemerintah saat ini memaksimalkan penanganan covid-19, berbagai aturan telah diterbitkan demi menurunkan risiko penularan di masyarakat. 

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah penyebaran covid-19 di Indonesia khususnya di Kota Manado sendiri. 

Dikatakan Pengamat Epidemiologi Sulut Prof Grace Kandou, bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Manado khususnya Wali kota dan Wakil Wali kota terpilih AA-RS perlu melaksanakan koordinasi untuk penanganan covid-19. 

"Yang pertama adalah memperkuat koordinasi dengan pihak terkait untuk memaksimalkan penanganan covid-19 di lintas sektor," kata Prof Grace kepada Tribun Manado. 

Baca juga: Beralih Profesi Sebagai Petani Rumput Laut, Arwin Harap Pariwisata Kembali Pulih

Dijelaskannya, saat ini fokus penyekatan arus mudik Lebaran yang dikakukan Pemerintah dan Polda Sulut itu sangat penting untuk mencegah penyebaran Covid-19 supaya tidak semakin meluas.

"Itu dapat menekan angka penularan Covid yaitu penambahan kasus baru sehingga tidak membludak pasca lebaran," sebutnya.

Langkah strategis berikutnya adalah dengan tetap mengimbau masyarakat untuk disiplin protokol kesehatan, jangan sampai kendor. 

"Perlu adanya edukasi terus menerus kepada masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan dalam segala aspek dan bidang dengan penuh tanggungjawab," terang Prof Grace. 

Intinya, kata Prof Grace, prinsip 3M tetap dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Karena pandemi covid belum berakhir, malah timbul mutasi baru dari Covid-19 yang penularannya begitu cepat, seperti yang terjadi di negara India. 

Baca juga: Brigjen TNI Izak Pangemanan Putra Kelahiran Manado, Sulut, Berani Terobos Daerah Rawan KKB Papua

Selain itu, Prof Grace menambahkan, terkait vaksinasi covid-19 tetap harus dilakukan sampai tuntas. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved