Breaking News:

Berita Sitaro

Tak Ada Kasus Positif Covid-19 di Sitaro Selang Dua Pekan Terakhir

Selain Satgas Covid-19, pemerintah daerah juga melibatkan para Tokoh-Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat untuk mengkampanyekan gerakan penerapan prokes.

Dinkes Sitaro
Data sebaran Covid-19 di Kabupaten Sitaro per tanggal 7 Mei 2021. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, ManadoUpaya pengendalian penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Salah satunya dengan menggencarkan operasi yustisi serta himbauan terkait penerapan protokol kesehatan oleh Satuan Tugas (Satgas) Penaganan Covid-19 di tingkat kabupaten, kecamatan hingga kelurahan dan kampung.

Selain Satgas Covid-19, pemerintah daerah juga melibatkan para Tokoh-Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat untuk mengkampanyekan gerakan penerapan protokol kesehatan secara masif di seluruh wilayah di Kabupaten Sitaro.

Ragam cara ini pun membuahkan hasil positif dalam upaya pengendalian penyebaran corona di daerah berjuluk Negeri 47 Pulau itu.

Terbukti selang dua pekan terakhir ini, tak ada kasus Covid-19 di Sitaro yang bertambah atau nol kasus.

Data terakhir mencatat, satu kasus terkonfirmasi positif Covid-19 telah dinyatakan sembuh pada 24 April 2021 lalu.

Sekretaris Satgas Covid-19 Sitaro, Bob Wutane mengatakan, meskipun pihaknya telah meniadakan peraturan soal pemeriksaan Antigen bagi pelaku perjalan di pelabuhan sebagai pintu masuk, namun upaya lain dilakukan pemerintah daerah dengan mengaktifkan kembali posko-posko penanganan Covid-19 di tingkat kelurahan dan kampung.

"Sejak dikeluarkannya Surat Edaran Bupati Nomor 12 Tahun 2021, maka Satgas Penanganan Covid-19 tingkat kelurahan dan kampung kembali difungsikan untuk kepentingan pemeriksaan bagi setiap pelaku perjalanan yang baru tiba di wilayah masing-masing," kata Wuaten beberapa waktu lalu.

Sementara itu, terkait penanganan pasien terkonfirmasi positif Covid-19, pemerintah daerah telah menyiapkan 100 tempat tidur yang ada di 12 Puskesmas serta dua Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Sitaro.

"Untuk perwatan pasien bergejala ringan di 12 puskesmas, dan untuk pasien dengan gejala sedang hingga berat di dua rumah sakit," kata Kepala Dinas Kesehatan Sitaro, Semuel Raule, Minggu (09/05/2021).

Halaman
12
Penulis: Octavian Hermanses
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved