Breaking News:

Lebaran 2021

Memasuki Penghujung Ramadan, Warga Bolsel Lakukan Tradisi Tumbilotohe

Amatan Tribun Manado, Sabtu (8/5/2021) di Desa Tabilaa, beberapa warga terlihat ikut berswafoto dengan latar belakang ratusan lampu tersebut. 

tribunmanado.co.id/Nielton Durado
Ratusan lampu botol nampak menghiasi lapangan desa Tabilaa, Sabtu (8/5/2021). Tradisi Tumbilotohe biasanya dilakukan pada malam ke 27 Ramadhan 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado -- Malam pasang lampu atau bagi masyarakat Gorontalo disebut Tumbilotohe ikut dimeriahkan oleh masyarakat Desa Tabilaa, Kecamatan Bolaang Uki, Kabupaten Bolsel

Para anak muda yang ada di Desa Tabilaa menghiasi lapangan mereka dengan ratusan lampu botol dan pernak-pernik lampu hias. 

Amatan Tribun Manado, Sabtu (8/5/2021) di Desa Tabilaa, beberapa warga terlihat ikut berswafoto dengan latar belakang ratusan lampu tersebut. 

Menurut Sekertaris Desa Tabilaa Eko Tayabu jika tradisi pasang lampu atau Tumbilotohe sudah menjadi tradisi di setiap Ramadhan. 

"Masyarakat Gorontalo sering memasng lampu di malam ke 27 di Bulan Ramadan," ujarnya ketika dihubungi Tribun Manado

Eko menambahkan, meskipun ditengah Pandemi Covid-19, namun para pemuda di Desa Tabilaa tetap meramaikan tradisi Tumbilotohe

"Mereka ingin agar suasana Ramadhan tetap terjaga meskipun ditengah Pandemi Covid-19," ungkapnya. 

Dirinya mengaku bahwa ada ratusan lampu botol yang dipasang oleh para pemuda Desa Tabilaa

"Angka pastinya saya sudah lupa, tapi lebih dari 100 buah," ucapnya. 

Sementara itu, Rizki Hermanto Tontoli salah satu warga Bolsel mengaku jika tahun ini tradisi Tumbilotohe tak semeriah tahun sebelumnya. 

Halaman
123
Penulis: Nielton Durado
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved