Breaking News:

Lebaran 2021

Bupati SitaroTerbitkan Edaran Pembatasan Kegiatan Jelang Lebaran & Kenaikan Yesus

"Sedikitnya ada enam poin yang termuat dalam Surat Edaran ini dan wajib untuk dilaksanakan," kata bupati.

Istimewa.
Bupati Kepulauan Sitaro Evangelian Sasingen. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Sejumlah kebijakan diambil Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) jelang perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah dan peringatan Kenaikan Yesus Kristus yang jatuh pada tanggal 13 Mei 2021 mendatang.

Kebijakan dalam bentuk pembatasan kegiatan masyarakat ini tertuang dalam Surat Edaran Bupati Kepulauan Sitaro Nomor 33/SE/V-2021 tentang pembatasan kegiatan buka puasa bersama pada bulan Ramadhan, pelarangan ibadah rekreasi di tempat umum pada peringatan kenaikan Yesus Kristus dan Open House atau Halal Bihalal pada hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah tahun 2021.

Bupati Kepulauan Sitaro, Evangelian Sasingen mengatakan, edaran ini merupakan tindaklanjut Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 800/2795/SJ tentang pembatasan kegiatan buka puasa bersama pada bulan Ramadhan dan Open House atau Halal Bihalal pada hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah tahun 2021 tertanggal 4 Mei 2021 serta Surat Edaran Gubernur Sulawesi Utara Nomor 440/21.2415/Sekr-Ro.

Hukum tentang pembatasan kegiatan buka puasa bersama pada bulan Ramadhan pelarangan ibadah rekreasi di tempat umum pada peringatan kenaikan Yesus Kristus Open House atau Halal Bihalal pada hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah tahun 2021 tertanggal 7 Mei 2021.

"Sedikitnya ada enam poin yang termuat dalam Surat Edaran ini dan wajib untuk dilaksanakan," kata bupati.

Pertama terkait kegiatan buka puasa bersama yang oleh pemerintah hanya diperbolehkan diikuti oleh anggota keluarga serta lima orang lainnya.

Selanjutanya untuk pelaksanaan Shalad Id hanya diperbolehkan digelar di Masjid dan tidak diperkenankan menggelar pawai takbiran secara masal terkecuali di Masjid.

Kedua mengenai larangan melaksanakan ibadah rekreasi atau sejenisnya di tempat-tempat umum pada peringatan Kenaikan Yesus Kristus.

Ketiga menginstruksikan kepada seluruh ASN/pejabat, Kapitalau (Kepala Desa), perangkat kampung dan keluarga untuk tidak melakukan Open House/Halal Bihalal dalam rangka Idul Fitri 1442 Hijriah.

Keempat, menginstruksikan kepada para Camat, Lurah dan Kapitalau untuk menutup sementara waktu tempat-tempat wisata di wilayah masing-masing. Kelima, bagi para pelaku perjalanan yang tiba di Sitaro akan dilakukan pemeriksaan Antigen secara acak.

Halaman
12
Penulis: Octavian Hermanses
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved