Breaking News:

Berita Sulut

Beralih Profesi Sebagai Petani Rumput Laut, Arwin Harap Pariwisata Kembali Pulih

Banyak warga di sekitar kepulauan Bunaken yang beralih profesi dari pemandu wisata atau penyedia jasa transportasi wisata kini menjadi nelayan

Tribun manado / Andreas Ruaw
Arwin (kiri) 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Banyak warga di sekitar kepulauan Bunaken yang beralih profesi dari pemandu wisata atau penyedia jasa transportasi wisata kini menjadi nelayan.

Arwin salah satunya, pria berusia 36 tahun ini mengaku ikut merasakan akibat dari pandemi Covid-19 yang membuat pendapatan utamanya menurun.

Warga Pulau Nain ini mengaku sebagai tukang antar jemput tamu dan wisatawan untuk situasi pekerjaan di masa pandemi sekarang ini sangat menurun karena Covid-19.

"Kalau sebelum Covid-19 tamu sangat banyak datang silih berganti, yang kebanyakan turis Cina juga," ucapanya.

Baca juga: Andrei Angouw Janji Atasi Sampah, Macet dan Dorong Kebangkitan Ekonomi

Untuk itu, dalam memenuhi keperluan keliarga Arwin kini beralih profesi di industri bahari sebagai pelaku budidaya rumput laut.

"Selain berprofesi sebagai tukang jemput turis, saya sebagai warga pulau nain juga punya penghasilan di industri bahari sebagai budidaya rumput laut," ucapnya.

"Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari kami juga melakukan aktifitas nelayan seperti memanah ikan untuk nantinya dikonsumsi atau pun dijual," lanjutnya.

Arwin berharap agar pemerintah pusat maupum daerah bisa segera memperbaiki kondisi pariwisata yang ada di Sulawesi Utara khususnya Kota Manado.

"Harapannya sih agar seperti dulu lagi, banyak turis Cina dan warga lokal sehingga tiap hari ramai pengunjung," tandasnya.

Baca juga: Menanti Kolaborasi Olly-Steven dan Andrei Angouw-Richard Sualang Selesaikan Masalah di Manado

YOUTUBE TRIBUN MANADO:

Penulis: Andreas Ruauw
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved