Pandemi Covid 19

Gelombang Ketiga Covid-19 Menghantui India, Permintaan Oksigen Medis Meningkat 7 Kali Lipat

Krisis di India diperbesar oleh kekurangan oksigen yang dibutuhkan merawat pasien kritis, serta juga bahan mentah untuk memproduksi vaksin Covid-19.

India Today
Kebutuhan akan oksigen meningkat tajam di India karena semakin bertambahnya kasus Covid-19. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Infeksi Covid-19 di India mencatat rekor harian suram lagi pada Kamis (6/5/2021).

Adapun permintaan oksigen medis melonjak tujuh kali lipat dan pemerintah membantah laporan mengenai kelambanannya mendistribusikan pasokan penyelamat jiwa itu dari luar negeri.

Mengutip warta VOA Indonesia, jumlah kasus baru terkukuhkan melewati 400 ribu untuk kedua kalinya sejak lonjakan besar dimulai bulan lalu.

Angka 412.262 kasus itu mendorong hitungan total di India melampaui 21 juta.

Kementerian Kesehatan juga melaporkan 3.980 kematian dalam 24 jam terakhir, membuat totalnya menjadi 230.168.

Para pakar meyakini kedua angka tersebut kurang dari jumlah yang sesungguhnya.

Sebelas pasien Covid-19 meninggal karena tekanan di saluran oksigen turun mendadak di sebuah rumah sakit pemerintah di kota Chengalpet di India Selatan pada Rabu malam, kemungkinan karena kerusakan katup, demikian dilaporkan surat kabar The Times of India.

Pihak berwenang di rumah sakit itu menyatakan mereka telah memperbaiki saluran itu pekan lalu, tetapi konsumsi oksigen telah berlipat dua sejak itu.

Permintaan oksigen untuk rumah sakit telah meningkat tujuh kali lipat dibandingkan dengan bulan lalu, kata seorang pejabat pemerintah.

India bergegas mendirikan fasilitas-fasilitas besar penghasil oksigen dan mengirim tanker kriogenik, tabung-tabung oksigen dan oksigen cair.

India membuat jembatan laut pada Selasa untuk mengangkut tanker oksigen dari Bahrain dan Kuwait di Teluk Persia, kata para pejabat.

Sebagian besar rumah sakit di India tidak diperlengkapi dengan fasilitas independen yang menghasilkan oksigen langsung untuk pasien.

Akibatnya, rumah sakit biasanya bergantung pada oksigen cair, yang dapat disimpan di dalam tabung dan dikirim dalam tanker kriogenik (bersuhu sangat rendah).

Tetapi di tengah lonjakan yang terjadi, pasokan di tempat-tempat yang paling parah terpukul seperti New Delhi, sangat menipis.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved