Breaking News:

Pegadaian

Peran PT Pegadaian Meningkatkan Grab Velue UMKM Menembus Pasar Digital

Peran pegadaian yang berorientasi untuk membantu dan melayani kebutuhan masyarakat berskala kecil sangat membantu pertumbuhan ekonomi.

Editor: Rizali Posumah
Istimewa.
Udin Syamsudin, Praktisi Lembaga Non Bank dan Ekonomi. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Perkembangan UMKM merupakan faktor penting dalam perekonomian negara karena dapat memacu pertumbuhan ekonomi dan juga dapat menciptakan lapangan kerja.

Peran pegadaian yang berorientasi untuk membantu dan melayani kebutuhan masyarakat berskala kecil sangat membantu pertumbuhan ekonomi sebagai lembaga keuangan non-bank yang bergerak di bidang jasa pembiayaan dengan tugas utamanya yaitu menyalurkan pembiayaan gadai.

Saat ini sektor keuangan menjadi salah satu sektor yang terkena dampak perkembangan teknologi.

Secara perlahan perkembangannya cukup pesat sehingga dapat merubah industri keuangan ke era digital.

Penerapan teknologi keuangan akan menimbulkan disruptive environment seiring perkembangan teknologi dan digitalisasi yang demikian cepat.

Udin Syamsudin, Praktisi Lembaga Non Bank dan Ekonomi.
Udin Syamsudin, Vice President PT Pegadaian (Istimewa.)

Dengan situasi tersebut, diperkirakan akan banyak terjadi perubahan yang akan kita lihat atau alami langsung, misalnya dalam melakukan transaksi keuangan, memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan, ataupun dalam mencari sumber pendanaan untuk kegiatan ekonomi.

Bagi industri keuangan, terdapat tuntutan untuk terus beradaptasi dan melakukan penyesuaian dalam proses bisnisnya, seiring dinamika industri yang berubah dengan cepat.

Apabila dinamika dan transformasi ini tidak terkelola dengan baik, patut dikhawatirkan akan dapat mengganggu sistem keuangan dan perekonomian kita. Termasuk berimbas pada UMKM yang kesulitan mendapatkan bantuan permodalan.

Bagi UMKM, Pegadaian membantu UMKM mendapatkan kemudahan dan efisiensi di area keuangan dengan memberikan banyak solusi keuangan, khususnya bagi bisnis kecil menengah yang ingin berkembang.

Dengan banyaknya outlet Pegadaian yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, agen-agen Pegadaian dan Aplikasi Pegadaian Digital dengan berbagai fitur layanan diharapkan dapat membantu perkembangan UMKM.

Untuk mengetahui Bagaimana Peran Pegadaian dan langkah strategis KUMK dalam menghadapi disruptive environment dan new era berbasis digital?

Saksikan di webinar edukasi "PETRA UMKM Expo 2021" tanggal 10 Mei 2021.

Semua akan dikupas tuntas oleh narasumber Udin Syamsudin. (Praktisi Lembaga Non Bank dan Ekonomi).

Chord Ramadhan yang Indah - Seventeen, Kunci Gitar Dasar C, Lirik Lagu Bertekuk Lututku di Sini

Segera Daftar, Kompetisi Inovasi PLN Berhadiah Satu Miliar Ditutup 24 Mei

Najwa Shihab Masuk Rumah Sakit, Minta Doa: Semoga Diangkat Segala Penyakit dan Diberkahi Kesehatan

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved