Breaking News:

Berita Ekonomi

Optimistis, Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II 2021 Capai 7 Persen, Indef Tak Yakin

Berbagai lembaga seperti Bloomberg dan lainnya secara konsisten memberikan prediksi pertumbuhan ekonomi tumbuh positif pada kuartal II 2021.

kompas.com
Ilustrasi - Institute for Development of Economic and Finance (Indef) tidak yakin pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini dapat mencapai 5 persen.  

TRIBUNMANADO.CO.ID, Jakarta - Pemerintah masih optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal II 2021 bisa mencapai 7 persen, walaupun pada kuartal I 2021 minus 0,74 persen.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, berbagai lembaga seperti Bloomberg dan lainnya secara konsisten memberikan prediksi pertumbuhan ekonomi tumbuh positif pada kuartal II 2021

"Secara keseluruhan tahun ini dari berbagai lembaga, rangenya berada pada range positif 4,7 persen sampai 4,9 persen. Pemerintah akan dorong ke 4,5 perswn sampaoli 5,3 persen," kata Airlangga secara virtual, Selasa (5/5/2021).

"Pada kuartal II pemeritah optimistis bisa mencapai 6,9 persen sampai di atas 7 persen," sambungnya. 

Menurutnya, target tersebut bisa dicapai seiring Produk Domestik Bruto (PDB) konstan pada kuartal II 2021 diperkirakan sebesar Rp 2.589,8 triliun, dan kuartal I sebesar 2.703 triliun. 

"Itu kita sudah dapat modal pokok 5,6 persen, sehingga dari 5,6 persen menjadi 6,9 persen, ini seperti yang kita ketahui sejak 2020 di kuartal II sampai dengan kuartal III dan kuartal IV, kita rerata tumbuh 1,3 persen sampai 1,5 persen. Maka, dengan pokok 5,6 persen kalau ditambah 1,3 persen itu kita bisa mencapai 6,9 persen," tutur Airlangga. 

Masih minus

Terkait pertumbuhan ekonomi kuartal I 2021 masih minus, Airlangga melihat karena konsumsi rumah tangga masih negatif dan impor masih tinggi. 

"Tentu evaluasinya, apa yang dilakukan pemerintah ini menjadi stimulan, kita lihat berbagai sektor itu trennya sudah positif dan beberapa sektor tersebut didorong oleh sektor non migas," paparnya

Tidak yakin

Halaman
12
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved