Breaking News:

Berita Minahasa

Polres Minahasa Kerahkan 200 Personel Amankan Menjelang Idul Fitri, Termasuk Tertibkan yang Mudik

Tak main-main memang Polres Minahasa menggerakkan 200 personel untuk mengamankan mudik Lebaran hingga pelaksanaan Idul Fitri.

Editor: Aswin_Lumintang
istimewa
Begini Upaya Polres Minahasa Tingkatkan Keamanan Jelang Bulan Ramadan 

TONDANO, TRIBUNMANADO.CO.ID - Tak main-main memang Polres Minahasa menggerakkan 200 personel untuk mengamankan mudik Lebaran hingga pelaksanaan Idul Fitri.

Bahkan, kepolisian dalam pengamanan berkoordinasi dengan TNI dan Pemerintah Kabupaten Minahasa. Satu di antaranya ikut mengamankan larangan mudik Lebaran tahun 2021 ini.

Polres Minahasa melaksanakan gelar pasukan untuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi Ketupat 2021. Apel dalam rangka  pengamanan hari raya Idul Firtri 1442 H mengecek kesiapan personel maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan Mitra Kamtibmas.

Polres Minahasa melaksanakan gelar pasukan untuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi Ketupat 2021. Apel dalam rangka  pengamanan hari raya Idul Firtri 1442 H mengecek kesiapan personel maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan Mitra Kamtibmas.
Polres Minahasa melaksanakan gelar pasukan untuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi Ketupat 2021. Apel dalam rangka pengamanan hari raya Idul Firtri 1442 H mengecek kesiapan personel maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan Mitra Kamtibmas. (Lefrando Andre Gosal/tribunmanado)

“Jadi hari ini kita melaksanakan apel gelar pasukan dengan peserta dari TNI, Polri, Pemda, Satpol PP, Dishub, Pemadam Kebakaran kemudian komponen terkait ada PLN dan rekan-rekan dari Ormas. Tujuannya adalah mengecek kesiapan personil, kelengkapan maupun koordinasinya,” ujar Kapolres Minahasa AKBP Henzly Moningkey usai apel, Rabu (05/05) pagi.

Operasi Ketupat 2021 akan dilaksanakan mulai tanggal 6 hingga 17 Mei 2021, dengan mengedepankan kegiatan pencegahan didukung deteksi dini dan penegakan hukum dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 dan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 sehingga masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan rasa aman dan nyaman.

“Kita lihat hari ini sudah tergelar semua. Kita harapkan nanti selama 12 hari pengamanan operasi Ketupat Lebaran ini dapat berjalan aman dan lancar. Tujuan dari operasi ketupat ini adalah menciptakan Kamtibmas yang kondusif, mencegah penyebaran Covid-19, mencegah mudik yang jadi ketetapan dari pemerintah, terjaminnya distribusui bahan pokok dan terciptanya kamseltibcarlantas,” ujar Moningkey.

Rencana Operasi Ketupat 2021 telah dipersiapkan, baik dari perkiraan ancaman, cara bertindak dan penggelaran personel. Sehingga diharapkan dapat diimplementasikan dalam pelaksanaannya. Untuk memberikan jaminan keamanan dan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Sehingga dapat menjalankan ibadah puasa dan hari raya Idul Fitri 1442 H dengan aman, nyaman, tertib dan lancar di tengah suasana pandemi Covid-19 yang masih melanda.

“Langkah-langkah yang sudah kita lakukan adalah kooordinasi kemudian nanti akan menggelar pos-pos pengamanan yang ada di tempat strategis. Dengan menggelar pos pengamanan ini kita harapakan pelayanan dapat cepat diakses oleh masyarakat, sekaligus dengan kehadiran aparat keamanan, TNI, Polri, pemerintah daerah dilapangan akan memberikan rasa aman kepada masyarakat,” jelas Moningkey.

Dalam pelaksanaan operasi Ketupat 2021, Polres Minahasa akan melibatkan 200 personel yang akan disebar ke sejumlah titik di wilayah Polrest Minahasa. Selian anggota Polri, oprasi Ketupat juga akan melibatkan personil TNI dan instansi terkait.

“Dari Polres kami mengerahkan 200 personel untuk pengamanan ini, nanti dibantu juga dari TNI, dari Satpol PP juga ada penambahan. Sasaranya tentu adalah tempat-tempat ibadah kemudian tempat keramaian masyarakat dan tempat wisata,” ujar Moningkey.

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved