Breaking News:

Berita Sitaro

Pemkab Sitaro Bilang Siapkan Rp 8,5 Miliar untuk THR ASN, Pencairan Tinggal Tunggu Kesiapan Perbup

Pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkab Sitaro tinggal menunggu Peraturan Bupati (Perbup)

Editor: Aswin_Lumintang
ISTIMEWA
ASN di Kantor Bupati Sitaro 

SITARO, TRIBUNMANADO.CO.ID - Pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkab Sitaro tinggal menunggu Peraturan Bupati (Perbup) yang segera disiapkan untuk merespons ketentuan yang telah diputuskan pemerintah pusat.

Seperti diketahui, Menteri Keuangan (Menkeu) Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati memastikan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri dan Pensiunan akan dicairkan H-10 sampai H-5 Idul Fitri 1442 hijriah.

ASN Sitaro
ASN Kabupaten Kepulauan Sitaro (tribun manado/alpen martinus)

Kebijakan tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 63 Tahun 2021 tentang pemberian THR dan gaji ke-13 bagi ASN, TNI, Polri dan Pensiunan yang ditindaklanjuti dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 42/PMK.05/2021 tentang petunjuk teknis pembayaran THR dimaksud.

Khusus di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang BIaro (Sitaro), realisasi pembayaran THR bagi para ASN masih menunggu Peraturan Bupati (Perbup) sebagai ketentuan lanjutan dari PP 63/2021 serta PMK 42/2021.

Hal ini dinyatakan Asisten III Sekda Sitaro Denny Kondoj kepada tribunmanado.co.id, Rabu (05/05/2021). “Belum pak (pembayaran THR). Kita sedang menyiapkan Perbup dulu sebagai dasar pembayaran,” ujar Kondoj melalui pesan Whatsapp. “Hari ini ibu bupati ke Siau, semoga segera rampung. Doakan saja,” ujar Kondoj lagi.

Senada dengan itu, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Sitaro, Rolly Korengkeng mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan beberapa hal sehubungan dengan rencana pembayaran THR bagi para ASN di lingkungan Pemkab Sitaro.

“Sementara berproses,” ujar Korengkeng. Sebelumnya, baik Asisten III Sekda Denny Kondoj maupun Kepala BPKPD Rolly Korengkeng menyebut pemerintah daerah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 8,5 miliar untuk membayar THR ASN Sitaro.

“Yang pasti anggarannya sudah ada. Dan sesuai PP 63/2021, pelaksanaan pembayaran THR dan gaji 13 harus diatur lebih lanjut dengan peraturan kepala daerah,” ujar Kondoy yang dibenarkan Korengkeng.

Disentil soal THR bagi pejabat pimpinan tinggi pratama atau eselon II yang tahun 2020 lalu tidak memperoleh THR akibat kondisi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Kondoj memastikan tahun 2021 ini akan dibayarkan. "Sesuai pasal tiga PMK 42/2021 termasuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK),” ujar Kondoj. (her)

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved