Breaking News:

Olly Dondokambey

Olly Dondokambey Pacu Peningkatkan SDM Pariwisata, Dispar Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Selam

Kepala Dinas Pariwisata Sulut, Henry Kaitjily didampingi Kepala Bidang  Pengembangan Kelembagaan, Roy Saronsong membuka kegiatan pelatihan

Penulis: Ryo_Noor | Editor: Aldi Ponge
ISTIMEWA
Dinas Pariwisata Sulut pun menggelar Pelatihan dan Sertifikasi Pemandu Wisata Selam Rescue Divers di Kompleks Marina Plaza  Manado, Rabu (5/5/2021) 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw mendorong Sektor Pariwisata sebagai prime mover (penggerak utama) ekonomi Sulut.

Satu di antara program pengembangan pariwisata yakni dengan meningkatkan sumber daya manusia sektor pariwisata

Dinas Pariwisata Sulut pun menggelar Pelatihan dan Sertifikasi Pemandu Wisata Selam Rescue Divers di Kompleks Marina Plaza  Manado, Rabu (5/5/2021)

Kepala Dinas Pariwisata Sulut, Henry Kaitjily didampingi Kepala Bidang  Pengembangan Kelembagaan, Roy Saronsong membuka kegiatan pelatihan.

Pelatihan digelar 3 hari dengan peserta sebanyak 20 orang utusan dari Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara,  Kabupaten Kepulauan Sitaro

Kaitjily mengatakan, Provinsi Sulut memiliki pesona alam bawah laut  dan potensi wisata bahari yang telah mendunia. Sulut sudah menjadi satu di antara Destinasi Super Prioritas (DSP) di Indonesia dan

Pelatihan dan sertifikasi ini merupakan  bagian dari upaya mendukung ketersediaan sumberdaya manusia di sektor pariwisata bahari.

Kaitjily mengharapkan para divers bisa ikut menjadi agen preserfasi konservasi pelestarian terumbu karang serta memberikan edukasi bagi masyarakat pesisir dan nelayan dalam upaya keberlangsungan ekosistem.

Dalam pelatihan  dikomposisikan dengan  materi 40 persen dan 60 persen praktek lapangan di  spot penyelaman Teluk Manado hingga ke kawasan Mangatasik -Tanawangko.

Di awal pertemuan tersebut menekankan pada aspek manajemen SDM Wisata Bahari haruslah mengemuka dalam upaya memenuhi ketersediaan Kompetensi, Skill bagi usaha/jasa industri Wisata Bawah Laut.  

Adapun, pemateri merupakan instruktur selam profesional  yakni Frans V Ratu selaku PADI Course Direktur, Nelson Uada Pengurus POSSI/CMAS Instruktur and Under Water Photograpy), Katiman Herlambang Praktisi Selam, Owner Dive Centre Manado Scuba, serta Andre Herlambang PADI Master Scuba Diver Trainer Instruktur. (ryo)

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved