Breaking News:

Mudik Lebaran 2021

Kapolri Perintahkan Seluruh Kapolda Pantau Aktivitas Objek Wisata Menjelang Lebaran

Larangan mudik yang diutarakan Presiden Joko Widodo ditindaklanjuti semua kementerian dan instansi pemerintahan.

Editor: Aswin_Lumintang
istimewa
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Larangan mudik yang diutarakan Presiden Joko Widodo ditindaklanjuti semua kementerian dan instansi pemerintahan. Semua instansi teknis mulai dari Perhubungan dan Kepolisian melakukan pengawasan ketat menjelang Idul Fitri.

Tujuannya agar masyarakat tidak melakukan mudik Lebaran tahun ini, mengingat Pandemi Covid-19 masih dalam kondisi membahayakan. Hal yang dialami India menjadi contoh bahwa Corona masih sangat berbahaya dan belum bisa dikendalikan.

Suasana terminal keberangkatan Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado H-3 jelang diberlakukannya larangan mudik, Senin (03/05/2021).
Suasana terminal keberangkatan Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado H-3 jelang diberlakukannya larangan mudik, Senin (03/05/2021). (Tribun Manado / Fernando Lumowa)

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menerbitkan surat telegram terkait penertiban aktivitas masyarakat di objek wisata yang tetap dibuka selama masa pelarangan mudik lebaran 2021. 

Surat telegram tersebut diteken oleh Asisten Kapolri bidang Operasi, Inspektur Jenderal Imam Sugianto atas nama Kapolri dengan nomor STR/336/IV/PAM.3.2./2021 tertanggal 30 April 2021. 

Dalam telegram itu, Kapolri Jenderal Sigit meminta sejumlah hal pada para Kapolda dan jajaran anak buahnya di tingkat kewilayahan hingga pejabat utama (PJU) Mabes Polri.

Baca juga: Tertidur Saat Menyusui, Ibu Ini Kaget Lihat Bayinya Tewas Bersimbah Darah

Baca juga: UPDATE, Harga Emas Antam Hari Ini Kembali Naik, Berada di Posisi Angka Rp 930.00 per Gram

Di antaranya, Sigit meminta agar polisi dapat memetakan lokasi wisata yang akan dibuka ataupun ditutup selama masa liburan.

Hal itu akan diperhitungkan petugas untuk melihat animo masyarakat yang akan melaksanakan kunjungan wisata.

"Melakukan pengamanan dan memperketat pengawasan, penerapan protokol kesehatan di destinasi wisata yang menerima wisatawan saat libur lebaran," tulis Kapolri daam telegram itu. 

Sigit juga meminta jajarannya turut berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 setempat untuk melakukan swab test antigen selama wisatawan datang ke lokasi. 

Selain itu, kepolisian harus bertindak tegas apabila terdapat pelanggaran aturan dalam penyelenggaraan kegiatan berwisata tersebut. 

Kemudian, beberapa aturan teknis yang ditekankan oleh Listyo dalam telegram itu seperti melakukan penyemprotan disinfeksi secara berkala, menyediakan fasilitas cuci tangan yang memadai. 

Lalu, melakukan sosialisasi secara masif terkait informasi larangan mudik. Serta, mewajibkan pekerja dan pengunjung tempat wisata memakai masker. 

"Apabila lokasi wisata berada di zona orange dan atau zona merah, maka wajib ditutup," tutup Sigit.


Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kapolri Terbitkan Telegram untuk Tertibkan Aktivitas Objek Wisata saat Pelarangan Mudik, https://www.tribunnews.com/nasional/2021/05/04/kapolri-terbitkan-telegram-untuk-tertibkan-aktivitas-objek-wisata-saat-pelarangan-mudik.
Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Theresia Felisiani

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved