Breaking News:

Mudik Lebaran

Handri Pulang ke Talaud Lebih Awal, Lolos dari Larangan Mudik Idul Fitri, Situasi Pelabuhan Manado

Dua hari menjelang pelarangan mudik hari raya Idul Fitri 2021 tidak ada lonjakan arus mudik dari Manado ke daerah kepulauan Sangihe

Editor: Aswin_Lumintang
Tribun manado / Isvara Savitri
Suasana Pelabuhan Manado, Rabu (23/12/2020). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Dua hari menjelang pelarangan mudik hari raya Idul Fitri 2021 tidak ada lonjakan arus mudik dari Manado ke daerah kepulauan Sangihe, Talaud maupun Sitaro.

Terpantau, Selasa (4/5/2021) situasi di Pelabuhan Kelas III Manado nampak sepi, hanya sedikit penumpang yang berjalan masuk ke dalam pelabuhan. Selain itu hanya terlihat sejumlah ABK yang sedang bongkar muat barang.

Banyak toko-toko yang berada di ruang tunggu kawasan pelabuhan nampak sepi pengunjung.

Di salah satu loket pembayaran pun tidak terlihat antrean panjang dan para penumpang yang mengantre dengan memakai masker sesuai protokol kesehatan dan menjaga jarak.

masyarakat yang menjalani rapid test di Pelabuhan Manado
masyarakat yang menjalani rapid test di Pelabuhan Manado (Tribun manado / Isvara Savitri)

Seorang penumpang kapal mengatakan, dia memilih berangkat lebih awal karena berhubung saat ini masih kuliah daring.

"Saya pulang Talaud karena berhubung saat ini menjelang lebaran dan masih dalam masa perkuliahan daring jadi bisa dari sana," ujar Handri (19), seorang penumpang.

Sebelumnya, diketahui Pemerintah melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 secara resmi mengeluarkan imbauan Larangan Mudik Lebaran 2021 sejak 6 hingga 17 Mei 2021.

Larangan mudik Lebaran tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 H dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19 Selama Bulan Suci Ramadhan 1442 H.

Pengetatan persyaratan terhadap Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) pun dilakukan 2 pekan sebelum dan sepekan setelah masa peniadaan mudik, yaitu 22 April hingga 5 Mei 2021 dan 18 hingga 24 Mei 2021.

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved