Breaking News:

Berita Sitaro

Satlantas Polres Sitaro Gelar Operasi Rutin, Ini Sasaran Utamanya

Satlantas Polres Kepulauan Sitaro terus menggenjot operasi rutin atau Kegiatan Rutin Yang Diprioritaskan (KRYD).

tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Kegiatan operasi rutin yang dilaksanakan jajaran Satlantas Polres Kepulauan Sitaro. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Menciptakan kondisi tertib berlalu lintas menjadi salah satu tujuan utama Satuan Lalu Lintas Polres Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Untuk mewujudkan hal ini, Satlantas Polres Kepulauan Sitaro terus menggenjot operasi rutin atau Kegiatan Rutin Yang Diprioritaskan (KRYD).

Kasat Lantas Polres Kepulauan Sitaro, AKP. R. G. Putra menerangkan, sejauh ini pihaknya telah berupaya untuk memberikan edukasi dan pemahaman ke masyarakat tentang pentingnya tertib berlalu lintas lewat kegiatan-kegiatan operasi.

Hanya saja, langkah itu dinilai belum efektif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya pengendara kendaraan bermotor dalam mentaati peraturan lalu lintas.

"Jadi mulai saat ini, kita akan melakukan penindakan dalam bentuk tilang bagi para pelanggar," kata Putra, Senin (03/05/2021).

Menurut Putra, langkah ini dilakukan sebagai tindaklanjut instruksi Kapolres Kepuluan Sitaro, AKBP Hansjen Ratag yang melihat banyaknya pelanggaran kasat mata seperti tidak menggunakan helm hingga penggunaan knalpot bising.

"Makanya kami akan turun dengan KRYD dan nanti akan terus berlanjut hingga operasi ketupat yang rencananya akan dimulai minggu ini," ungkapnya.

Dalam pelaksanaannya nanti, Putra bilang pihaknya akan memprioritaskan pada pelanggaran terkait penggunaan helm, penggunaan knalpot bising dan pengendara anak-anak di bawah umur yang notabene belum mengantongi Surat Izin Mengemudi (SIM).

"Tiga jenis pelanggaran ini jadi sasaran utama kita dalam pelaksanaan operasi nanti," lanjutnya.

Selain tujuh personil lapangan yang ada pada Satlantas Polres Kepulauan Sitaro, kegiatan operasi juga bakal melibatkan aparat Polsek jajaran yang ada di wilayah hukum Polres Kepulauan Sitaro.

"Dan kita juga sudah berkoordinasi dengan pihak Kejaksaan Negeri Sitaro dalam kaitan penegakan hukum bagi setiap pelanggar yang kena tilang. Sebab nantinya, proses persidangan hasil operasi ini akan dilaksanakan di Pengadilan Negeri Tahuna," lanjut Putra.

Sementara itu, hari pertama KRYD yang dilaksanakan di ruas jalan Kelurahan Ondong Kecamatan Siau Barat, aparat Satlantas mendapai berbagai jenis pelanggaran yang didominasi tidak menggunakan helm.

Terhadap para pelanggar langsung diberikan teguran dan peringatan sebelum pemberlakukan penindakan penilangan yang rencananya mulai besok.

"Ini jadi peringatan terakhir bagi setiap pelanggar. Kami pun sangat berharap agar masyarakat bisa sadar tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas. Jadi jangan nanti tertib saat ada petugas atau operasi baru memakai helm dan sebagainya," kunci Putra.

Sesuai rencana, pelaksanaan operasi rutin akan menyasar beberapa ruas jalan utama di Kabupaten Sitaro. (HER)

Peringatan Dini Besok Selasa 4 Mei 2021, BMKG: Ini Wilayah yang Alami Hujan Lebat dan Angin

Pacar Rela Siswi SMP Ini Bersama 5 Pria Lain, Diancam Sebarkan Foto Syur, Polisi: 10 Tersangka

Gubernur Olly Dondokambey Bentuk Satgas, Buntut Dana BOS Jadi Temuan BPK

Penulis: Octavian Hermanses
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved