Breaking News:

RHK Senin 3 Mei 2021

BACAAN ALKITAB 1 Raja-Raja 10:2 - Kesaksian Hidup

Kedatangan ratu Syeba ke Yerusalem dengan membawa segala harta dan kekayaannya yang banyak menunjukkan 2 hal penting: Pertama,

thevintagenews.com
Raja Salomo 

1 Raja-Raja 10:2
"Ia datang ke Yerusalem dengan pasukan pengiring yang sangat besar, dengan unta-unta yang membawa rempah-rempah, sangat banyak emas dan batu permata yang mahal-mahal. Setelah ia sampai kepada Salomo, dikatakannyalah segala yang ada dalam hatinya kepadanya."
----------------------------------------

Ilustrasi Renungan
Ilustrasi Renungan (internet)

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kedatangan ratu Syeba ke Yerusalem dengan membawa segala harta dan kekayaannya yang banyak menunjukkan 2 hal penting: Pertama, betapa kayanya ratu Syeba itu. Ratu Syeba mau menunjukkan kepada Salomo dan umat Yerusalem betapa sejahtera negerinya. Kedua, betapa berkuasanya dia.

Perjalanannya yang panjang disertai dengan pengiring yang banyak dengan membawa harta yang banyak, tanpa ada rasa ketakutan untuk diserang oleh musuh menunjukkan betapa kuat dan luas kekuasaannya itu. Sikap ratu Syeba secara langsung ingin menunjukkan kepada Raja Salomo bahwa dia itu bukan sembarang ratu tapi dia itu ratu yang amat berkuasa.

Yang secara khusus datang ke Yerusalem hanya ingin membuktikan kebenaran berita tentang raja Salomo yang bijaksana itu. Perbuatan ratu Syeba ini juga telah dilihat sebagai bentuk kekagumannya terhadap apa yang didengarnya tentang raja Salomo tapi juga sebagai rasa penasarannya tentang apa yang didengarnya. Kata “dikatakannya segala yang ada dalam hatinya“ sebenarnya menunjuk situasi perasaan hatinya yang masih penasaran terhadap berita-berita yang ia dengar tentang raja Salomo yang ia kemukakan dalam bentuk pernyataan atau pertanyaan kepada raja Salomo.

Jemaat yang diberkati Tuhan, benarlah firman Tuhan yang diucapkan Tuhan Yesus dalam Injil Matius 12:24b yaitu: “Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengar hikmat Salomo dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari Salomo.” Hal ini menunjukkan betapa luar biasanya berita tentang Hikmat Tuhan yang dimiliki oleh raja Salomo. Hikmat Tuhan yang dianugerahkan kepada raja Salomo, telah menjadi kesaksian kepada semua orang tentang bagaimana pertolongan Tuhan kepada raja Salomo.

Sebagai keluarga Kristen kita dituntut untuk menjadi seperti Salomo memberikan kesaksian tentang Tuhan melalui sikap hidupnya sehari-hari. Kesaksian raja Salomo bukan sekedar kesaksian, tapi kesaksian tentang bagaimana dia mau hidup dan bergaul dengan Tuhan, juga tentang bagaimana dia menempatkan Tuhan dalam mengatasi setiap persoalan hidupnya. Kemampuan memberikan kesaksian tentang pertolongan Tuhan adalah suatu hal yang sangat penting bagi orang percaya.

Apalagi jika kesaksian kita disertai dengan perbuatan- perbuatan yang baik, benar yang diikuti dengan rasa takut akan Tuhan, pasti akan banyak menolong orang dalam menghadapi pergumulan hidupnya. Kesaksian akan menjadi sarana yang menguatkan bagi setiap anggota keluarga tapi juga bagi setiap orang percaya. Karena itu marilah kita terus bersaksi tentang Tuhan Yesus kita yang luar biasa. Amin.

Doa: Ya Tuhan berikan kami kemampuan untuk selalu bersaksi tentang Tuhan, melalui sikap dan perilaku hidup kami. Dan buatlah kesaksian kami menjadi berkat yang menguatkan orang lain. Amin.

Editor: Aswin_Lumintang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved