Sosok Tokoh

Sosok Amien Rais, Pendiri Partai Ummat Indonesia, Namanya Terkenal Jelang Berakhirnya Orde Baru

Amien Rais menyatakan, Partai Ummat bersama anak bangsa lainnya akan bekerja, berjuang, dan berkorban untuk melawan kezaliman

Penulis: Rhendi Umar | Editor: Rhendi Umar
Tribun-Video
Isi Surat Terbuka 5 Pendiri PAN Desak Amien Rais Mundur, Dianggap Jadikan Agama Sebagai Alat Politik 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Amien Rais sudah mendeklarasikan berdirinya Partai Ummat, Kamis (29/4/2021).

Amien menyatakan, Partai Ummat bersama anak bangsa lainnya akan bekerja, berjuang, dan berkorban untuk melawan kezaliman dan menegakkan keadilan.

"Kami yakin seluruh mekanisme demokrasi kita dan konstitusi kita lebih dari cukup untuk melakukan perbaikan kehidupan nasional, sehingga kita tidak perlu cara-cara ekstra parlementer dan cara-cara ekstra konstitusional," kata Amien.

Deklarasi ditutup oleh Amien dengan tiga kali takbir dan pekik merdeka.

Sementara itu, dalam siaran pers, disebutkan bahwa 99 orang pendiri Partai Ummat dari 34 provinsi berkumpul di Yogyakarta untuk mendeklarasikan partai tersebut.

Ekspresi Amien Rais saat mendeklarasikan Partai Ummat, Kamis (29/4/2021)
Ekspresi Amien Rais saat mendeklarasikan Partai Ummat, Kamis (29/4/2021) (YouTube/Amien Rais Official)

Sebelum deklarasi, para pendiri menandatangani dokumen pendirian partai di hadapan notaris dan melakukan konsolidasi awal dalam rangka memperkuat jaringan keummatan di seluruh pelosok Tanah Air.

Sejumlah tokoh yang hadir dalam acara deklarasi itu mantan Ketua Umum Partai Bulan Bintang MS Kaban, artis dan penyanyi senior Neno Warisman, serta eks terpidana kasus UU ITE Buni Yani.

Lantas Siapa Sebenarnya Amien Rais?

Dia adalah politikus asal Indonesia. Ia pernah menjabat sebagai Ketua MPR untuk periode 1999 sampai 2004. Jabatan tersebut dipegangnya sejak dirinya dipilih oleh MPR hasil pemilu 1999 yang digelar pada bulan Oktober 1999.

Namanya mulai mencuat ke kancah perpolitikan Indonesia sebagai salah satu orang yang kritis terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah menjelang berakhirnya kekuasaan Orde Baru di bawah Presiden Soeharto.

Setelah partai-partai politik dihidupkan lagi pada masa kekuasaan Presiden B. J. Habibie, dirinya ikut mendeklarasikan pendirian Partai Amanat Nasional (PAN).

Ia menjabat sebagai Ketua Umum PAN sejak partai tersebut berdiri sampai tahun 2005.

Amien mendirikan Partai Ummat pada bulan Oktober 2020.

Awal karier

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved