Breaking News:

Pemkot Manado Izinkan Restoran hingga Tempat Hburan Buka hingga Pukul 24.00

Pelonggaran itu dibarengi dengan  instruksi tegas untuk memberlakukan protokol covid 19 dengan ketat

Tribun Manado / Fernando Lumowa
Operasional Megamall Manado kembali normal sejak 10 Maret 2021. Kembali normalnya jam operasional mendorong angka kunjungan hingga 40 persen dibanding saat awal pandemi. 

MANADO TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO -  Pemkot Manado terus memperlonggar Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Waktu operasional cafe, tempat hiburan dan restoran yang sebelumnya hingga pukul 10 malam, diperpanjang
hingga pukul 12 malam.  

Kepala Dinas Pariwisata Lenda Pelealu melalui Kepala Bidang Pengembangan Kelembagaan dan Kapasitas Kepariwisataan Steven Runtuwene mengatakan, putusan tersebut tertuang dalam surat edaran nomor 44/2021 tentang PPKM Berbasis Mikro.

"Surat ini sudah disosialisasikan Satgas Covid 19 pada para pelaku usaha. Pelonggaran itu dibarengi dengan  instruksi tegas untuk memberlakukan protokol covid 19 dengan ketat," kata dia. 

Sanksi keras mengancam bagi yang abai. "Yang melanggar akan diberi sanksi penutupan hingga cabut izin," ujarnya.

Sebelumnya Walikota Manado Vicky Lumentut memberi sinyal akan segera membuka tempat permainan anak di mall serta mengizinkan lansia masuk mall.

Walikota Manado Vicky Lumentut mengatakan, rencana itu segera diterapkan. "Tempat permainan anak segera dibuka. Hal itu sudah kami konsultasikan dengan pemilik mall," kata dia kepada Tribun Manado beberapa waktu lalu.

Dikatakan Vicky, kebijakan itu didasarkan pada  kebutuhan anak untuk bermain. Banyak anak yang  tertekan karena kebutuhan dasarnya itu tidak terpenuhi. "Untuk lansia juga demikian," kata dia.

Ungkap Vicky, pemberian izin tersebut bukan berarti para anak dan lansia dapat sebebasnya.
Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi. "Mereka masuk di waktu - waktu tertentu serta tidak bisa ke tempat permainan yang berpotensi menimbulkan kerumunan," ujarnya.

Menurutnya, kebijakan tersebut sudah dikonsultasikan dengan satgas Covid 19. Vicky adalah Ketua Satgas Covid 19 Manado. "Pertimbangannya angka covid 19 terus menurun meski kita masih zona kuning," ujarnya.

Dia menuturkan, upaya pembukaan mall untuk anak dan lansia tersebut akan dibarengi dengan sosialisasi pencegahan Covid 19 yang kian ketat.  Ia mengajak seluruh masyarakat menerapkan prokes meski sudah divaksin. (*)

Penulis: Arthur_Rompis
Editor: Charles Komaling
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved