Breaking News:

Berita Talaud

Lanal Melonguane Rintis Pembinaan Kampung Bahari Nusantara di Wilayah Paling Utara Perbatasan NKRI

Letkol Marinir Adi Sucipto mengatakan, konstelasi wilayah yang berupa kepulauan, menjadikan sebagian besar masyarakat Talaud tinggal di pesisir.

Istimewa.
Lanal Melonguane sebagai salah satu instansi TNI Angkatan Laut yang berada di Talaud berupaya turut berkontribusi positif guna meningkatkan pemanfaatan potensi sumber daya kelautan yang ada di wilayah Kepulauan Talaud. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud terletak di perbatasan paling utara NKRI.

Sebagian besar wilayah Talaud adalah lautan.

Lanal Melonguane Letkol Marinir Adi Sucipto mengatakan, konstelasi wilayah yang berupa kepulauan, menjadikan sebagian besar masyarakat Talaud tinggal di daerah pesisir.

"Yang artinya masyarakat Talaud sesungguhnya adalah masyarakat bahari," terangnya. 

Ia memaparkan, pabila ditinjau dari data statistik yang ada, potensi kelautan/maritim/bahari di Kabupaten Kepulauan Talaud sangatlah tinggi.

"Letaknya yang berhadapan dengan wilayah negara Filipina, sesungguhnya menjadikan Talaud berpotensi untuk menjadi gerbang dan beranda Utara NKRI di wilayah tengah Indonesia," jelas Letkol Marinir Adi Sucipto.

Adi Sucipto menyebut, berbagai potensi sumber daya kelautan yang dimiliki oleh Talaud antara lain SDM dengan budaya bahari yang sudah mengakar kuat, perikanan (perikanan tangkap maupun budidaya), wisata bahari dan olahraga perairan (renang, layar, dayung, selam, snorkling dll), industri jasa maritim/injasmar (industri perkapalan, pengolahan hasil laut dll), lingkungan laut dan pantai dengan berbagai flora dan faunanya, potensi sumber daya energi (arus air laut dari pasang surut yang cukup kencang di selat-selat tertentu yang dapat dijadikan sumber tenaga pembangkit listrik), berbagai material dan mineral di dasar laut yang dapat digunakan untuk berbagai kepentingan industri (kesehatan/obat-obatan, pangan, energi dll) serta berbagai potensi sumber daya lainnya yang belum diinventarisir, diteliti dan dikembangkan.

Ini semua, kata Adi Suciptp, "sesungguhnya perlu dikembangkan dan dimanfaatkan secara optimal guna meningkatkan pembangunan, kemajuan, kesejahteraan masyarakat di perbatasan sehingga nantinya berimplikasi terhadap terwujudnya Ketahanan Nasional yang tangguh di daerah perbatasan."

Ia mengatakan Lanal Melonguane sebagai salah satu instansi TNI Angkatan Laut yang berada di Talaud berupaya turut berkontribusi positif guna meningkatkan pemanfaatan potensi sumber daya kelautan yang ada di wilayah, yang merupakan implementasi dari tugas Dawilhanla sebagaimana yang diamanatkan dalam pasal 9 huruf (e) Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI yaitu tugas TNI Angkatan Laut untuk melaksanakan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut.

"Salah satu program kegiatan guna mengimplementasikan Pembinaan Potensi Maritim dalam rangka Dawilhanla yang dilaksanakan oleh TNI Angkatan Laut beserta jajarannya termasuk Lanal Melonguane adalah Program Kampung Bahari Nusantara (KBN)," bebernya. 

Halaman
123
Penulis: Ivent Mamentiwalo
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved