Breaking News:

RHK Minggu 2 Mei 2021

BACAAN ALKITAB 1 Raja-raja 10:1 - Menguji Hikmat Raja Berhikmat

"Hanya" minta hikmat, Raja Salomo justeru mendapatkan kekayaan, kehormatan, ketenaran yang luar biasa.

internet
Ilustrasi Renungan 

1 Raja-raja 10:1
TRIBUNMANADO.CO.ID - "Hanya" minta hikmat, Raja Salomo justeru mendapatkan kekayaan, kehormatan, ketenaran yang luar biasa. Selain hikmatnya melampaui seluruh umat manusia yang membuat dia terkenal, Salomo juga sangat kaya raya. Catatan membuktikan, Salomo termasuk 10 besar orang terkaya sepanjang sejarah manusia di dunia, hingga saat ini.

Kekayaan Salomo sebesar US $2,2 triliun. Jika dirupiahkan (kurs 14.600), totalnya Rp.32.210 triliun. APBN 2020 saja hanya Rp2.739 triliun. Artinya, kekayaan Salomo 12 kali lebih besar dari APBN RI. Jeff Bezos maupun Bill Gates saja manusia terkaya sekarang saat ini belum mencapai Rp 5.000 triliun.

Ilustrasi renungan
Ilustrasi renungan (internet)

Itulah yang membuat raja-raja dan pemimpin-pemimpin besar dunia mendatanginya, untuk melihat kemuliaan karena hikmat, kehormatan dan kekayaannya itu. Termasuk ratu negeri Syeba.

Dia juga disebutkan sebagai ratu dari ujung bumi atau ratu dari selatan. Ratu negeri Syeba adalah figur terkenal dan cukup kaya. Wilayah kekuasaannya meliputi Etiopia dan Yamman (kini). Di Ethiopia namanya adalah Makeda.
Sebenarnya ratu Syeba datang untuk menguji Salomo terutama tentang hikmat yang dari Tuhan yang ada padanya. Dia hendak menguji hikmat dan kepandaian Salomo dengan teka-teki yang sudah ia siapkan.
Demikian firman Tuhan hari ini.

_ Ketika ratu negeri Syeba mendengar kabar tentang Salomo, berhubung dengan nama TUHAN, maka datanglah ia hendak mengujinya dengan teka-teki. (ay 1)_

Hasil kunjungannya, membuat dia terkagum-kagum oleh hikmat dan kebijaksanaan Salomo. Dia terheran-heran dengan penyertaan Allah kepada Salomo. Hal itu membuat dia memuji Allah dan menjadi percaya kepada-Nya.
The Kebra Nagast (sejarah nasional Ethiopia) mencatat, ratu Syeba atau Makeda kemudian melahirkan anak dari Salomo bernama Manelik 1, beberapa bulan setelah dia kembali ke negerinya. Manelik 1 adalah pencetus atau pendiri dinasti Ethiopia. Ratu Syeba menjadi ibu negeri itu. Bangsa Ethiopia pun menjadi percaya kepada Allah Salomo.

Kisah ini diingatkan kembali oleh Tuhan Yesus 1.000 tahun setelah Salomo (Mat 12:42; Luk 11:31). Bahwa ratu dari selatan itu akan bangkit bersama orang percaya. Dia yang kafir tetapi menjadi percaya Allah oleh hikmat Salomo juga akan dibangkitkan. Dan, Hikmat Kristus jauh melebihi Salomo.

Salomo raja yang dipilih dan diurapi Allah dan dikaruniai hikmat sesuai yang dia mintakan. Tapi yang dia dapatkan adalah "segalanya." Pesan firman ini jelas bahwa kita sebagai umat Tuhan hendaklah memiliki hikmat.

Apa hikmat itu dan dari mana asalnya? Mazmur 111:10 dan Amsal 9:10 jelas mengungkap tentang permulaan dan kunci hikmat. Yakni: takut akan Tuhan. Jadi awal, kunci dan inti dari hikmat adalah takut akan Tuhan. Bagian-bagian firman Tuhan lainnya banyak menyaksikan tentang hikmat yang pangkalnya semuanya menuju kepada Allah, Bapa di dalam Tuhan Yesus.

Orang berhikmat adalah orang yang takut akan Tuhan. Dia pasti berakal budi yang baik. Puji-pujian kepada-Nya tetap selamanya, keluar dari bibir mulut orang berhikmat (Maz 111:10).

Halaman
12
Editor: Aswin_Lumintang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved