Tips Sehat

Tak Banyak yang Tahu, 7 Hal yang Akan Terjadi pada Tubuh Saat Rutin Berjalan Kaki Setiap Hari

Jalan kaki adalah sesuatu yang dilakukan banyak orang setiap hari untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain

Editor: Chintya Rantung
shutterstock
ilustrasi jalan kaki 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Jalan kaki rutin setiap hari dapat mengaktifkan banyak proses fisik dan kimia dalam tubuh yang membantu meningkatkan kesehatan tubuh.

Saat berjalan, kita dapat memperkuat sendi dan tulang. Ditambah lagi, metabolisme dalam tubuh kita dirangsang dan dapat membakar lebih banyak kalori.

Itulah mengapa disarankan untuk rutin berjalan kaki setiap hari setidaknya selama 30 menit, terutama saat Anda tidak sedang melakukan aktivitas fisik lainnya.

Karena banyak orang yang masih malas untuk berjalan, berikut Serambinews.com membagikan 7 hal baik yang terjadi pada tubuh saat Anda rutin berjalan kaki setiap hari, dikutip dari laman Step to Health, Jumat (30/4/2021).

7 Hal Baik yang Terjadi pada Tubuh Saat Anda Rutin Berjalan Kaki Setiap Hari

1. Meningkatkan energi

Apakah Anda merasa lelah? Apakah Anda kesulitan berkonsentrasi? Anda mungkin memiliki tingkat energi yang rendah.

Jika demikian, jalan kaki singkat setiap hari dapat meningkatkan produktivitas fisik dan mental Anda.

Saat Anda berjalan-jalan, sirkulasi darah di tubuh Anda dioptimalkan sehingga sel-sel Anda mendapatkan cukup oksigen untuk pekerjaan yang mereka lakukan.

Latihan ini juga membebaskan kekakuan dan ketegangan pada persendian dan otot Anda, mencegah rasa sakit saat beraktivitas sehari-hari.

2. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Karena berjalan kaki adalah aktivitas yang membantu meningkatkan sirkulasi dan membakar kalori, berjalan memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan jantung Anda.

Jalan cepat setiap hari meningkatkan detak jantung Anda sehingga dapat memompa darah ke seluruh tubuh tanpa masalah, sehingga akan membantu mencegah hipertensi.

Jalan kaki juga sangat bagus untuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) Anda sekaligus membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida Anda.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved