Breaking News:

Nasional

Guru Besar Prof S Salahgunakan Nama Menteri Nadiem Makarim, Tindak Pemalsuan Demi Mulusnya Kampus UP

Seorang guru besar palsukan SK atas nama Mendikbud Ristek Nadiem Makarim dalam rangka pendirian di sebuah perguruan tinggi UP.

Net
Foto Ilustrasi guru besar bergelar profesor. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Nama Menteri Nadiem Makarim dijadikan pemalsuan oleh seorang guru besar dalam rangka pendirian dan penerimaan mahasiswa baru di sebuah perguruan tinggi.

Nadiem Makarim yang baru-baru ini dilantik Presiden Jokowi menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi (Mendikbud Ristek),

namanya kini disalahgunakan untuk hal-hal yang menyangkut di Kementerian yang ia jabat sekarang.

Presiden Joko Widodo melantik Nadiem Anwar Makarim sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sesuai nomenklatur yang baru, Rabu (28/4/2021).
Presiden Joko Widodo melantik Nadiem Anwar Makarim sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sesuai nomenklatur yang baru, Rabu (28/4/2021). ((YouTube/Sekretariat Presiden))

Oknum profesor telah ditetapkan sebagai tersangka okeh pihak kepolisian.

Mengutip Kompas TV, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menemukan tindak pidana pemalsuan SK atas nama Mendikbud Nadiem Makarim. 

Pemalsuan ini untuk mendirikan kampus swasta di Tangerang, Banten.

Polaris Siregar, Perancang Peraturan Perundang-Undangan Ahli Madya Biro Hukum Kemendikbudristek menyebut nama PTS itu adalah Universitas Painan.

"Perguruan tinggi swasta yang melakukan pemalsuan itu menamakan diri Universitas Painan, universitas itu sendiri belum pernah ada,

tapi itulah yang mereka coba palsukan izinnya, berkedudukan di Tangerang," ujar Polaris dalam konferensi pers virtual, Kamis (29/4/2021).

Sekretaris Direktorat Pendidikan Tinggi (Sesditjen Dikti) Paristiyanti Nurwardani membeberkan, Universitas Painan (UP) memalsukan 5 Surat Keputusan Mendikbud.

Halaman
123
Editor: Frandi Piring
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved