Breaking News:

Berita Sitaro

Kepala UPP Ulu Siau Welhelmus Dami: Tak Ada Penghentian Pelayaran Kapal Selama Masa Peniadaan Mudik

"Tak ada penghentian operasi pelayaran selama masa peniadaan mudik," kata Dami melalui sambungan telepon.

tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Kepala UPP Ulu Siau, Welhelmus Dami. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Kapal yang melayani rute pelayaran dari dan menuju Pelabuhan Ulu Siau Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, dipastikan akan tetap melakukan operasi pada masa peniadaan mudik lebaran, 6 Mei 2021-17 Mei 2021 mendatang.

Hal itu disampaikan langsung Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Ulu Siau, Welhelmus Dami, Jumat (30/04/2021).

"Tak ada penghentian operasi pelayaran selama masa peniadaan mudik," kata Dami melalui sambungan telepon.

Keputusan itu, sambung Dami, diambil dalam rapat koordinasi pengendalian transportasi selama masa Idulfitri 1442 hijriah guna pengendalian penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), yang dihelat Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara bersama seluruh unsur Perhubungan, Kamis kemarin.

Dijelaskan, meski pemerintah telah menetapkan ketentuan soal larangan mudik, namun hal itu dikecualikan pada perjalanan rutin dengan moda transportasi laut untuk pelayaran terbatas dalam wilayah satu kecamatan, kabupaten maupun provinsi.

"Karena Kepulauan Sitaro termasuk daerah 3TP (Tertinggal, Terpencil, Terluar, Perbatasan) dan melayani transportasi dengan kategori pelayaran rutin dan terbatas dalam satu kecamatan, satu kabupaten dan satu provinsi," terang Dami.

Termasuk ketentuan mengenai surat ijin perjalanan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI dan Polri serta pegawai swasta, BUMN maupun BUMD hingga dokumen kesehatan tak akan diberlakukan selama peniadaan mudik mendatang.

"Karena itu tadi, kita masuk kategori pelayaran rutin dan terbatas dalam satu wilayah, maka dikecualikan termasuk syarat surat ijin keluar masuk dan dokumen kesehatan," lanjutnya.

Meski demikian, untuk menjaga kelancaran dan kenyamanan aktivitas pelayaran di Pelabuhan Ulu Siau, Dami menyatakan pihak UPP Kelas III Ulu Siau akan tetap melakukan pengawasan rutin.

"Artinya kita tetap memantau kondisi aktivitas di Pelabuhan Ulu Siau, khususnya dalam hal jumlah penumpang setiap harinya," sebutnya.

Halaman
12
Penulis: Octavian Hermanses
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved