Breaking News:

Gedung Bobakidan Akan Jadi Perpustakaan Daerah Kotamobagu

Bobakidan yang juga merupakan replika dari rumah adat Mongondow ini pun sering digunakan sebagai tempat pertunjukan seni dan budaya

Istimewa.
Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Kotamobagu, Ham Rumoroi. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Kotamobagu, di tahun 2021 ini sedang mempersiapkan perencanaan pembangunan gedung perpustakaan.

Gedung Bobakidan yang terletak di Kelurahan Kotobangon, Kecamatan Kotamobagu Timur, rencananya bakal ‘disulap’ menjadi gedung layanan perpustakaan.

Kalau dilihat fungsi gedung yang selama ini diketahui masyarakat banyak, gedung ini berfungsi sebagai tempat musyawarah.

Bobakidan yang juga merupakan replika dari rumah adat Mongondow ini pun sering digunakan sebagai tempat pertunjukan seni dan budaya Bolaang Mongondow di Kota Kotamobagu.

Di masa kejayaannya, Bobakidan juga sering digunakan sebagai tempat resepsi pernikahan, bahkan sering dijadikan tempat menggelar kontes-kontes kecantikan seperti pemilihan Uyo dan Nanu Bolaang Mongondow.

Perihal pengalihfungsian ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kotamobagu, Ham Rumoroi, Kamis (29/4/2021).

Dikatakannya, pembangunan gedung layanan perpustakan tersebut menjadi prioritas di tahun 2021 ini.

“Pembangunan gedung perpustakaan itu rencananya akan dibangun di gedung Bobakidan,” akunya.

Bahkan kata Rumoroi, perencanaan pembangunan gedung perpustakaan itu sudah sampai pada tahap perencanaan pembuatan Detail Engineering Design (DED) atau perencanaan detail gambar kerja, dan akan dilanjutkan dengan pembangunan fisik.

“DED yang dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) senilai Rp 200 juta.

Sementara itu untuk pembangunan fisiknya, kemungkinan tahun 2022 baru akan dibangun dengan mengunakan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) sejumlah Rp10 miliar,” tuturnya. (*)

Penulis: Theza Gobel
Editor: Charles Komaling
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved