Breaking News:

Reshuffle Kabinet

Nasib Bambang Brodjonegoro Kembali ke Awal, Nadiem Makarim dan Bahlil Lahadalia Dilantik Jokowi

Nasib Bambang Brodjonegoro yang sebelumnya menjabat sebagai Menristek RI setelah direshuffle Presiden Jokowi. Nadiem dan Bahlil dilantik.

Kompas.com/Kurnia Sari Aziza
Mantan Menristek Bambang Brodjonegoro kembali abdi tugas di UI sebagai Guru Besar. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Presiden Joko Widodo melantik Nadiem Makarim dan Bahlil Lahadalia dalam Reshuffle Kabinet Menteri Indonesia Maju.

Nadiem Makarim dilantik sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dan Bahlil Lahadalia dilantik sebagai Menteri Investasi dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Acara pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta, Rabu (28/4/2021).

Presiden Jokowi resmi lantik 2 menteri nomenklatur baru, Nadiem Makarim sebagai Mendikbud Ristek dan Bahlil Lahadaila sebagai Menteri Investasi.
Presiden Jokowi resmi lantik 2 menteri nomenklatur baru, Nadiem Makarim sebagai Mendikbud Ristek dan Bahlil Lahadaila sebagai Menteri Investasi. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Dengan begitu, Kemenristek telah dikombinasikan dengan Kemendikbud.

Bagaimana nasib Bambang Brodjonegoro yang sebelumnya menjabat sebagai Menristek RI?

Keputusan tentang pengangkatan Nadiem sebagai menteri tertuang dalam Keptusan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Pembentukan dan Pengupahan Kementerian serta Pengangkatan Beberapa Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara.

Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan,

bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," bunyi sumpah jabatan Nadiem di hadapan Presiden Jokowi.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi merupakan peleburan antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek).

Halaman
1234
Editor: Frandi Piring
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved