Nasional

Kapten KRI Nanggala-402 Letkol Heri Mengeluh Kondisi Kapal Selam: Enggak Ada yang Benar-benar Bagus

Kualitas kapal selam Indonesia jadi sorotan. Komandan KRI Nanggala-402 Letkol Heri Oktavian sempat berikan pengeluhannya.

Editor: Frandi Piring
Kolase Foto Istimewa
Kapten KRI Nanggala-402, Letkol Heri Oktavian pernah mengeluh kondisi kapal selam buatan PT PAL. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402 di perairan Bali pada Rabu (21/04/21) pekan lalu, sorotan tajam pun mengarah pada sistem pertahanan Indonesia.

Kondisi alat utama sistem pertahanan Indonesia menjadi sorotan, salah satu isu yang mencuat adalah usia dari alutsista Indonesia, seperti KRI Nanggala-402 yang telah berusia 42 tahun.

Pada satu kesempatan, Kapten KRI Nanggala-402, komandan Letkol Heri Oktavian pernah menyoroti kualitas kapal selam di Indonesia.

Khairul Fahmi, pihak dari Pemerhati militer Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) menuturkan bahwa ketika kapal sudah berusia tua,

maka kebutuhan untuk pemeliharaan justru semakin tinggi demi mendukung kebutuhan operasionalnya.

"Kalau kita bicara alutsista kan harus proporsional antara pengadaannya, pemeliharaannya,

termasuk juga bagaimana perawatan dan pemeliharaan personelnya," tutur Fahmi seperti dilansir kompas.com, Jumat (23/4/2021).

Setelah beberapa saat KRI Nanggala-402 resmi dinyatakan tenggelam, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono memang sempat menyebut faktor alam sebagai pemicunya.

"Sudah kita evaluasi dari awal saya berkeyakinan ini bukan human error dan lebih kepada faktor alam," ujar Yudo, di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai Bali, Minggu (25/4/2021).

Kapal Selam <a href='https://manado.tribunnews.com/tag/kri-nanggala-402' title='KRI Nanggala-402'>KRI Nanggala-402</a>.

(Foto: kapal selam KRI Nanggala-402./Facebook/Puspen TNI)

Tapi, sebuah catatan dari wartawan Harian Kompas Edna C. Pattisina di Kompas.Id yang mengungkap keluh kesah Komandan KRI Nanggala-402 Letkol Laut (P) Heri Oktavian mengguncang dunia militer Indonesia.

Belum reda keguncangan tentang pengeluhan Letkol Heri Oktavian, terutama tentang bobroknya Alutsista Indonesia, kini disorot tajam sistem yang kini ada dalam industri pertahanan Indonesia.

Lewat sebuah video yang tayang di channel YouTube Harian Kompas kembali membuka makin lebar tujuan utama pengeluhan di industri pertahanan Indonesia.

Dalam video berjudul "Letkol Heri Oktavian, Sosok Idealis dan Kritis, Komandan KRI Nanggala-402" yang tayang 25 April 2021, Edna kembali menuturkan berbagai percakapannya dengan Heri.

Halaman
123
Sumber: Grid.ID
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved