Breaking News:

Disdukcapil Kotamobagu: Akta Kelahiran hingga KK Tak Gunakan Kertas Khusus

Menggunakan kertas A4 80 gram, tanpa tanda tangan basah dan cap dan sudah menggunakan kode QR

tribun wow
Ilustrasi Kartu Keluarga 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Seiring berkembangnya zaman, Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran dan juga akta kematian sekarang sudah menggunakan kode Quick Response (QR), tidak lagi menggunakan kertas khusus untuk dokumen fisik.

Hal tersebut dijelaskan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kotamobagu, Irianto Mokoginta.

“Sekarang sudah tidak lagi menggunakan kertas atau blankgko security printing, tapi menggunakan kertas A4 80 gram, tanpa tanda tangan basah dan cap dan sudah menggunakan kode QR,” ujarnya ketika dihubungi media, Selasa (27/4/2021).

Menurutnya, kebijakan ini untuk memudahkan masyarakat, karena nantinya masyarakat dapat mencetak langsung dokumen mereka apabila dibutuhkan.

“Untuk bisa mendapatkan KK dengan Kode QR, masyarakat bisa datang langsung ke kantor Disdukcapil,” katanya.

Ia juga mengimbau, agar masyarakat memeriksa data yang ada di KK, dan setiap ada perubahan data segera dilaporkan untuk diperbarui.

“Jangan nanti pada saat dibutuhkan lalu buru-buru ke Disdukcapil. Misalnya ada anak yang tadinya di KK belum sekolah dan sekarang sudah sekolah, itu dirubah lagi agar terupdate terus datanya,” ujarnya.

Ia menambahkan, pada data tersebut juga telah ditambahkan golongan darah. “Jadi intinya setiap ada perubahan data di KK tolong diperbarui, semua gratis. Penerapan inipun sudah dilakukan sejak tahun 2020 lalu,” tambahnya.

Ia kemudian menambahkan, nantinya, setiap pemilik Kartu Keluarga akan diberikan PIN yang tidak boleh diketahui oleh orang lain untuk menjaga keamanan dokumen.

Ketika sudah diubah ke dalam bentuk kode QR, Kartu Keluarga bisa dicetak di kertas apa pun jika diperlukan secara fisik. (*)

Penulis: Theza Gobel
Editor: Charles Komaling
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved