Breaking News:

RHK Sabtu 24 April 2021

RENUNGAN HARIAN KRISTEN 1 Petrus 1:12 - Bukan Melayani Diri Sendiri

Pelayan atau hamba Tuhan, tidak boleh egois. Pelayan terpanggil bukan untuk melayani diri sendiri. Tugas hamba Tuhan adalah melayani

ilustrasi 

 1 Petrus 1:12

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pelayan atau hamba Tuhan, tidak boleh egois. Pelayan terpanggil bukan untuk melayani diri sendiri. Tugas hamba Tuhan adalah melayani, bukan dilayani. Hamba Tuhan melayani sesamanya agar mereka mengenal Kristus, hidup dalam Kristus dan terus bertekun di dalam Dia.

Inilah yang diteladankan para nabi. Mereka melayani bukan untuk keuntungan dirinya, tapi untuk jemaat dan semua orang. Sebab para hamba Tuhan ini hidup dalam tuntunan Roh Kudus, yang diutus dari sorga.

Renungan Harian Kristen
Renungan Harian Kristen (Istimewa)

Pada hakekatnya, tugas pokok para hamba Tuhan adalah memberitakan Injil, kepada semua orang. Baik orang semasanya, maupun sebagai pewarisan kepada generasi selanjutnya. Sehingga semua orang dalam segala waktu dan tempat, mengenal Kristus, hidup dalam Dia, bertumbuh dan menerima keselamatan kekal dari Dia, Sang Juruselamat dunia. Jadi Injil Kristus harus diberitakan kepada segala suku bangsa, oleh semua umat-Nya yang telah dikuduskan-Nya.

Demikian firman Tuhan hari ini.
  Kepada mereka telah dinyatakan, bahwa mereka bukan melayani diri mereka sendiri, tetapi melayani kamu dengan segala sesuatu yang telah diberitakan sekarang kepada kamu dengan perantaraan mereka, yang oleh Roh Kudus, yang diutus dari sorga, menyampaikan berita Injil kepada kamu, yaitu hal-hal yang ingin diketahui oleh malaikat-malaikat.  (ay 12)_

Semua orang beriman yang yakin dan percaya bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat dunia, memiliki tanggungjawab mulia dan agung untuk menyampaikan atau memberitakan Injil kepada dunia. Tuhan Yesus telah menempatkan karunia dan talenta serta berbagai potensi dan keunggulan dalam hidup kita, untuk kita pakai untuk memuliakan Dia.

Karena itu, kita diingatkan untuk tidak mementingkan diri sendiri. Juga tidak boleh memanfaatkan pelayanan untuk keuntungan pribadi dan kelompok, dengan dalih atau dalil serta cara apapun juga.

Sebab hakekat pelayanan adalah melayani, bukan dilayani. Melayani juga harus dalam kehambaan, seperti yang diteladankan oleh para nabi dan sudah ditunjukkan dan dilakukan oleh Tuhan Yesus.

Seorang pelayan dalam memberitakan Injil, tidak mementingkan dirinya, tapi orang lain. Mengapa? Karena kita dipanggil dan ditugaskan Kristus untuk memberitakan Injil kepada semua orang bahkan segala makhluk, agar mereka mengenal Kristus, percaya dan beriman pada-Nya, serta mau melakukan segala kehendak-Nya dalam hidup sehari-hari.

Sehingga dari kehidupan kita sebagai hamba Tuhan, terpancarlah kemuliaan Tuhan. Jadi layanilah Tuhan dan lakukanlahlah segala kehendak-Nya dalam segala aspek kehidupan kita. Sebab demikianlah panggilan tugas pelayanan kita sebagai umat Tuhan.

Jadi, semua keluarga Kristen terpilih dan terpanggil untuk melayani Tuhan, bukan melayani diri sendiri. Melayani Tuhan yang dimaksud di sini adalah membawa banyak jiwa percaya kepada Kristus, dengan demikian obyek pelayanan kita adalah manusia yang akan kita bawa kepada Tuhan.

Jangan justeru karena ulah kita sebagai pelayan atau hamba Tuhan, orang percaya menyusut karena meninggalkan Tuhan. Jangan justeru domba-domba yang kita layani, "keluar kandang" dan meninggalkan Tuhan. Ingatlah, ini akan kita pertanggungjawabkan kepada Tuhan pada saatnya nanti.
Maka marilah kita melayani Tuhan lebih sungguh lagi, menjauhkan keinginan dan kepentingan diri, tapi memiliki hati sebagai hamba, untuk kemuliaan nama Tuhan. Amin

DOA: Tuhan Yesus, jauhkan pementingan diri dari hidup kami, tapi kuatkan kami melayani Tuhan lebih sungguh lagi dalam kehambaan. Amin

Editor: Aswin_Lumintang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved