Berita Sitaro

Bidik Pelanggar Prokes, Satpol-PP Sitaro Genjot Operasi Yustisi

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) terus menggenjot kegiatan operasi yustisi.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
Istimewa.
Petugas Satpol-PP Sitaro melakukan operasi yustisi penegakan protokol kesehatan di Pasar Ampera Ulu Siau. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) menjadi satu dari sekian cara efektif dalam mencegah penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Untuk meningkatkan disiplin penerapan prokes, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) terus menggenjot kegiatan operasi yustisi.

Vicky Lumentut Pamit, Pesan Kepada Warga: Marilah Kita Bersama-sama Jaga Manado

Nama Putri Delina Terseret Polemik Sule dan Nathalie Holscher, Rudy Holscher: Baik Tapi Munafik

Di mana dalam operasi yang melibatkan unsur TNI maupun Polri ini, petugas gabungan membidik masyarakat pelanggar prokes, khususnya yang tidak memakai masker.

Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol-PP dan Damkar) Sitaro, Mondfitje Wengen mengatakan, kegiatan operasi yustisi menyasar area publik seperti pasar, terminal hingga pelabuhan. "Tempat-tempat umum yang jadi lokasi pertemuan banyak orang jadi sasaran kita dalam melakukan operasi yustisi," kata Wengen, Jumat (23/04/2021).

Dari kegiatan operasi, Wengen bilang pihaknya masih mendapati adanya pelanggar, khususnya dari kalangan masyarakat umum.

Kendati demikian, dari catatan Dinas Satpol-PP dan Damkar, angka pelanggaran prokes dari waktu ke waktu menunjukan trend penurunan.

"Artinya kesadaran masyarakat dalam menerapkan prokes terus mengalami peningkatan. Makanya kami tak henti-hentinya turun lapangan melakukan operasi ini," ujarnya.

Terhadap para pelanggar prokes, petugas gabungan memberikan tindakan berupa sanksi sosial disertai himbauan dan edukasi tentang pentingnya menerapkan prokes 5M guna menekan angka penyebaran Covid-19.

"Tindakan seperti ini (sanksi sosial) perlu diberikan untuk memberikan efek jerah. Tapi pada akhirnya kami juga memberikan pemahaman dan pengertian tentang pentingnya menerapkan prokes," jelas Wengen.

Sementara itu, berdasarkan data Satuan Tugas (Satgas) Penangan Covid-19 Sitaro, angka kasus Covid-19 sebanyak 141 kasus.

Jumlah tersebut terdiri dari satu kasus aktif, 155 sembuh dan 13 di antaranya meninggal dunia.

Sedangkan untuk Suspek terdata sebanyak dua kasus yang kini sedang menjalani perawatan atau isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lapangan Sawang. (HER).

Pembayaran THR PNS Sitaro Menunggu Juknis

Sosok Mayjen TNI Dundung, Usut Kasus Pengeroyokan Kopassus, Bersama Empat Jenderal TNI AD Lainnya

Palung 700 Meter Isap KRI Nanggala-402? Keterangan TNI-AL: Bisa Terjadi Kapal Tak Terkendali

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved