Breaking News:

Berita Bolmut

Pemkab Bolmut Bangun Pos Penjagaan, Ada Sanksi Bagi Masyarakat yang Nekat Mudik Lebaran

Apabila terjadi pelanggaran maka Gubernur akan memberikan sanksi sesuai perundang-undangan.

tribunmanado.co.id/Mejer Lumantow
Kepala Dinas Perhubungan dan Kepala Dinas Kesehatan Bolmut, serta TNI bersama Polres Bolmut mengikuti Rapat Koordinasi persiapan pelaksanaan libur lebaran dan larangan mudik jelang Idul Fitri. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Jelang Hari Raya Idulfitri, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Sulut, melakukan sejumlah langkah antisipatif dalam rangka untuk menekan penyebaran covid-19, termasuk kebijakan larangan mudik lebaran bagi masyarakat. 

Hal ini menindaklanjuti instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 9 tahun 2021, yang mengatur tentang pembatasan pada saat ramadhan dan Idulfitri serta mengatur kepada Gubernur untuk melakukan sosialisasi peniadaan mudik di wilayah. 

Apabila terjadi pelanggaran maka Gubernur memberikan sanksi sesuai perundang-undangan.

Bagi warga yang akan melakukan pergerakan antar provinsi harus ada surat dari desa/kelurahan.

Kepada satuan POL-PP bersama perhubungan TNI dan Polri melakukan penguatan di cekpoin, Satlinmas bersama BPBD dan Damkar melakukan antisipasi bencana.

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Bolmut, Sriwahyuni Pontoh mengatakan sesuai hasil rapat koordinasi bersama pemerintah, TNI, Polri dan Instansi terkait akan memperketat penjagaan arus mudik jelang lebaran. 

"Kita sudah melakukan koordinasi terkait pengaturan dan pengawasan Arus Mudik tanggal 6-17 Mei 2021 mendatang, yang dibawahi dan dipimpin oleh Polres Bolmut bekerjasama dengan TNI dan instansi terkait," jelas Sriwahyuni kepada Tribun Manado, Kamis (22/4/2021).

Dikatakan Kadis Perhubungan, pihaknya bersama TNI, Polri juga sementara melaksanakan operasi Keselamatan Cipta Kondisi yang mulai terhitung tanggal 12 sampai 25 april 2021 berdasarkan jadwal dari Polres Bolmut.

Selain itu, akan dibangun pos-pos penjagaan disejumlah titik untuk mengantisipasi arus mudik lebaran. 

"Kita akan dirikan beberapa pos meliputi, Pos Terpadu, Pos Pelayanan, dan Pos Penyekatan, dalam hal ini akan dibicarakan selanjutnya bersama TNI, Polri dan instansi terkait soal lokasi titik penempatan Pos," papar Kadis Perhubungan. 

Halaman
12
Penulis: Majer Lumantow
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved