Breaking News:

Sebagian Harga Bahan Pokok di Kotamobagu Mulai Naik

Harga ayam kampung mengalami kenaikan mencapai Rp 200 ribu per ekor dari sebelumnya Rp100-Rp 150 ribu per ekor

theza
Pedagang Pasar Serasi yang terletak di Kelurahan Gogagoma, Kotamobagu 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Sejumlah harga kebutuhan bahan pokok seperti daging ayam, telur ayam dan cabai mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Kenaikan kebutuhan bahan pokok ini, mulai meresahkan warga Kotamobagu, terutama pemilik usaha kuliner dan Ibu Rumah Tangga.

Pantauan di Pasar Serasi yang terletak di Kelurahan Gogagoman, Kecamatan Kotamobagu Barat, Dua pekan terakhir ini lonjakan mulai terlihat.

Misalnya, harga ayam kampung mengalami kenaikan mencapai Rp 200 ribu per ekor dari sebelumnya Rp100-Rp 150 ribu per ekor dan ayam potong dari Rp 50 ribu naik menjadi Rp 75 ribu per ekor.

“Kenaikan harga daging ayam ini sejak menjelang Ramadhan, sampai dua pekan terakhir ini,” ujar Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop-UKM) Kota Kotamobagu, Apri Junaidi Paputungan, Selasa (20/4/2021).

Tak hanya daging ayam yang mengalami kenaikan harga, tapi beberapa komoditi lainya juga ikut naik. Seperti cabai rawit, sebelumnya Rp 75 ribu menjadi Rp110-Rp 120 ribu per kilogram.

Telur ayam dari Rp 40 ribu per bak naik menjadi Rp 65 ribu. “Kenaikan cabai sudah sekitar satu bulan dan harga sampai kemarin Rp120 ribu. Minyak kelapa dari Rp12 ribu naik menjadi Rp13 ribu per kilo. Tomat naik Rp10 -11 ribu per kilo. Namun, ada juga bahan yang masih termasuk stabil seperti bawang merah, bawang putih, bawang batang dan daging sapi,” terangnya.

Lanjut Apri, harga-harga komoditi ini masih terus berubah selama bulan Ramadhan. Dan pihaknya masih terus melakukan pemantauan harga sejumlah komoditi lainnya, seperti gula pasir, tepung terigu, telur dan beras.

“Kenaikan disebabkan karena banyak permintaan sementara pemasok di Kotamobagu kurang. Seperti masyarakat yang dulunya tidak berjualan kue, lauk, gorengan dan aneka makanan lainnya, kini sudah berjualan di bulan Ramadhan. Ini yang menyebabkan permintaan tinggi,” jelasnya. (*)

Penulis: Theza Gobel
Editor: Charles Komaling
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved