Breaking News:

RHK Selasa 20 April 2021

RENUNGAN HARIAN KELUARGA 1 Petrus 1:6 - Duka Seketika, Bahagia Selamanya

Hidup manusia, pasti diwarnai oleh gumul dan juang. Berbagai persoalan hidup, baik karena ulah kita sendiri

Istimewa
Renungan Harian Kristen 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Hidup manusia, pasti diwarnai oleh gumul dan juang. Berbagai persoalan hidup, baik karena ulah kita sendiri maupun karena orang lain, ataupun akibat proses "alamiah," maka kita akan dan harus melewati berbagai persoalan hidup yang mendukakan hati.

Sebab selagi manusia hidup, manusia akan menghadapi dan melewati masalah. Kita tidak mengalami masalah, pergumulan dan dukacita, ketika tidak hidup lagi atau mati. Tegasnya, hanya orang mati yang tidak ada masalah. Jadi selama kita masih menginjak tanah pasti masih menjadi "sahabat erat" masalah dan nanti di dalam tanah baru tidak ada masalah.

Baca juga: Arya Saloka Unfollow Instagram Amanda Manopo, Putri Anne: Kenapa yang Disalahin Gue?

Renungan Harian Kristen
Renungan Harian Kristen (Istimewa)

Namun kita patut bersyukur dan memuji Allah karena memiliki Tuhan yang bangkit dari orang mati dan menjamin kesukacitaan, kegembiraan dan kebahagiaan hidup yang kekal dan permanen.

Sebab memang kita akan mengalami dukacita, tapi itu hanya seketika. Juga hanya sementara. Sebab, kita memiliki Penghibur dan Penolong yang teguh, yang membebaskan kita dari segala belenggu dukacita itu dan menggantiakannya dengan kegembiraan dan kebahagiaan sempurna, bukan hanya di bumi tapi sampai di sorga, kekal selamanya.

Baca juga: Covid-19 di India Masih Mencekam, Sudah 15 Juta Kasus, Rata-rata 1 dari 3 Warga New Delhi Positif

Demikian firman Tuhan hari ini.
  Bergembiralah akan hal itu, sekalipun sekarang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan.  (ay 6)_
Berbagai pencobaan baik dari dalam maupun luar, membawa kita dalam dukacita karena berbagai persoalan hidup yang kita hadapi. Tapi, sekali lagi, itu hanya seketika saja. Itu tidak sebanding dengan kegembiraan, kebahagiaan dan kemuliaan yang akan kita terima dari Tuhan Yesus.

Kebahagiaan dan sukacita kita di dalam Tuhan Yesus adalah sempurna. Juga permanen dan kekal selamanya. Karena dukacita itu hanya di dunia, itupun hanya terbatas pada saat tertentu. Tapi sukacita dan kebahagiaan dalam Tuhan, sempurna, permanen dan sampai selama-lamanya. Bukan hanya di bumi.

Sukacita dan kebahagiaan kita orang Kristen adalah sempurna. Sebab kebahagiaan orang Kristen tidak diukur dengan, uang, harta, kekayaan, jabatan, kedudukan, kehormatan, ketenaran/popularitas dan kebahagiaan daging berupa pemenuhan nafsu, apalagi keserakahan. Sebab semuanya akan hilang lenyap.

Tapi kebahagiaan kita sangat sempurna karena ada Kristus di dalamnya dan ada Roh Tuhan yang turut bekerja dalam diri kita. Maka hidup kita aman, nyaman dan damai karena ada dalam lindungan Allah Bapa yang mahakuasa, yang terus menjaga ke luar masuk hidup kita, dari sekarang sampai selamanya.

Kebahagiaan kita sempurna karena tidak ada kekuatiran tentang apapun juga, karena Tuhan Yesus selalu ada mendampingi dan menopang hidup kita. Beban kita menjadi ringan dan hati kita jadi lega, karena Kristus Tuhan terus menaungi kita.

Itulah kebahagiaan orang yang hidup dalam Tuhan. Kebahagiaan dan sukacita kita tidak lekang oleh panas dan tidak lapuk oleh hujan. Mengapa? Karena ada Kristus yang telah membaharui hidup kita sehingga menjadi baru dan jauh dari kecemaran dunia, sebab Dia telah mati namun bangkit untuk keselamatan dan kemenangan kita.

Karena itu, kebahagiaan orang Kristen tidak terbatas oleh waktu, maupun situasi apapun. Dalam dukacitapun, orang Kristen bersukacita dan berbahagia, karena Tuhan sekali-kali tidak akan membiarkan hidup kita sendiri dan bergumul melebihi kekuatan kita. Itu janji dan jaminan Tuhan bagi kita.

Setiap masalah, pergumulan atau persoalan hidup, bukanlah halangan bagi kita untuk bersukacita. Justeru itu menjadi dasar bagi kita bersyukur dan berbahagia, karena ketika kita dalam keadaan sesulit apapun, Tuhan ada di sana, menggendong dan membelai kita dengan cinta kasih-Nya. Di sana ada kasih Tuhan yang sempurna.

Sebagai keluarga Kristen, jangan lupakan dan abaikan identitas dan jati diri kita. Yakni selalu hidup takut akan Tuhan dan penuh kasih kepada semua orang. Maka berbahagialah kita karena kita dan keluarga akan mewarisi sukacita dan damai sejahtera sempurna dari Tuhan Yesus di dunia dan di sorga mulia. Amin

DOA: Tuhan Yesus, mampukan kami melewati gumul hidup dalam ketaatan, agar kami mewarisi kebahagiaan sempurna dari-Mu. Amin

Editor: Aswin_Lumintang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved