Breaking News:

Berita Talaud

Moktar: Studi Banding ke Luar Daerah Pemkab Talaud Kembangkan Tiga Program Gentaja

Pencanangan Program Gentaja bisa dibilang spektakuler karena dilakukan secara serentak se-Kabupaten Talaud.

Istimewa.
Wakil Bupati Talaud Drs Moktar Arunde Parapaga mewakili Bupati Elly Lasut menghadiri pencanangan sekaligus mencanangkan Gerakan Tanam Jagung (Gentaja) se-Kabupaten Talaud. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, ManadoWakil Bupati Talaud Drs Moktar Arunde Parapaga mewakili Bupati Elly Lasut mencanangkan Gerakan Tanam Jagung (Gentaja) se-Kabupaten Talaud,  

Pencanangan Program Gentaja ( Gerakan Tanam Jagung ) ini bisa dibilang spektakuler karena dilakukan secara serentak se-Kabupaten Talaud, dengan mengutus para pejabat eselon II yang mewakili pimpinan daerah ke seluruh pelosok wilayah Talaud.

Untuk tingkat kabupaten, pencanangan dipusatkan di Desa Rae Selatan Kecamatan Beo Utara.

Wakil Bupati Moktar Parapaga kepada Tribun Manado Senin (19/4/2021) menuturkan, dirinya mengajak kepada seluruh petani untuk bersama menyukseskan Program Gentaja.

Dengan begitu, dia berharap ke depannya komoditi ini betul-betul menjadi primadona baru bagi peningkatan ekonomi rakyat di Kabupaten Talaud.

Wakil bupati juga menambahkan, Talaud meski telah memiliki kekayaan laut dan perkebunan seperti Ikan, pala, cengkeh dan kelapa, harus pula menyukseskan program pemerintah yang sudah dicanangkan yaitu Gentaja.

"Namun tentunya dengan tidak meninggalkan komoditi lainnya yang selama ini telah menjadi tumpuan hidup petani,” papar Parapaga.

Menariknya, dibeberkan oleh Parapaga, bahwa akan ada penghargaan atau bonus kepada setiap tiga besar terbaik yang berhasil dalam Program Gentaja di Talaud ini.

“Tiga terbaik ini akan diberikan kepada camat, kades/lurah dan kelompok tani se Kabupaten Talaud yang masing masing diambil tiga besarnya. Tiga camat, tiga kades/lurah dan tiga poktan yang akang melakukan studi banding ke Provinsi Gorontalo,” sebut Parapaga.

Provinsi Gorontalo menurutnya daerah studi banding yang tepat, karena sebagai penghasil utama jagung dan sudah lebih dari satu dasawarsa dikenal sebagai salah satu eksportir jagung dalam perdagangan internasional.

"Diharapkan dengan berbekal ilmu yang didapatkan saat studi banding bisa diterapkan di wilayah kabupaten Talaud terutama bisa disosialisasikan ke para petani di Talaud dan hasilnya untuk membantu perekonomian masyakarat  ujar Parapaga .(Iv)

Era Kepemimpinan Jokowi, Aset Keluarga Presiden Kedua RI Banyak yang Direbut Negara, Ini Faktanya

Kecelakaan Tadi Pagi Pukul 09.30 WIB, Truk Molen Tabrak Truk Molen hingga Masuk Kebun Warga

Sebuah Gereja di Kepulauan Talaud Ambruk Diterjang Angin Kencang

Irwansyah Panik Baby Ukkasya Mendadak Kejang, Suami Zaskia Sungkar Langsung Telepon Dokter

Penulis: Ivent Mamentiwalo
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved